Pentingnya peran dan keberadaan listrik, ada baiknya mulai saat ini lebih memperhatikan alat elektronik yang digunakan., karena pasti di rumah, penggunaan listrik semrawut dan berlebihan.

Untuk menghindari masalah tersebut, simak 4 tips berikut yang bisa Anda lakukan.

1. Gunakan peralatan pelindung listrik

Pastikan Anda menggunakan Miniature Circuit Breaker (MCB) atau alat pelindung listrik di setiap lantai rumah. Fungsi MCB untuk melindungi rumah dari bahaya korsleting akibat kepadatan berlebih.

Saat terjadi korsleting maka MCB secara otomatis akan mematikan listrik sehingga tidak terjadi kebakaran. Untuk pilihan terbaik, Anda dapat menggunakan MCB dari beberapa merek, termasuk Merlin Gerin, Broco, atau Schneider Electric dengan Domae MCB.

2. Jangan memperbaiki steker dan saklar sendiri

Satu hal yang harus Anda waspadai adalah Anda tidak harus memperbaiki steker, sakelar, atau soket secara manual jika Anda tidak benar-benar mengetahuinya.

Pasalnya, kesalahan perakitan dapat menyebabkan sengatan listrik yang menimbulkan percikan api. Lebih baik, konsultasikan dengannya lebih banyak pengalaman memperbaiki komponen.

3. Atur gulungan kabel

Kabel drop yang buruk dan rapi tidak hanya mengiritasi mata. Selain itu, kabel yang tidak beraturan akan menyebabkan korsleting dan pada akhirnya luka bakar tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, Anda perlu memotong gulungan kabel sesuai dengan jenis dan intensitas penggunaan.

Baca juga mengenai dunia elektrik di wiraelectrical dengan nama url lengkapnya di https://wiraelectrical.com.

Anda juga dapat menggunakan warna untuk membedakan kabel satu sama lain agar tidak membingungkannya. Jika kabel atau steker tidak digunakan, sebaiknya lepaskan benda tersebut agar terlihat lebih rapi dan aman.

4. Jauhkan perangkat elektronik dari air

Ketahuilah secara umum bahwa air dapat menyebabkan sengatan listrik jika bersentuhan dengan listrik, Anda akan terkejut jika banyak orang yang melupakan fakta prinsip ini.

Faktanya, beberapa kelembapan yang tidak signifikan dapat mempengaruhi sirkuit utama. Jadi berhati-hatilah dengan situasi ini dan jangan biarkan semua sakelar listrik mencapai air.