Tips membeli mobil pertama

Membeli mobil bekas pertama Anda bisa menjadi prospek yang menakutkan. Akan ada banyak pertanyaan yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri selama proses tersebut, tetapi jangan khawatir Halohonda, salah satu Portal Sales Mobil Honda Indonesia, telah membuat panduan praktis ini untuk mendukung mereka yang membeli mobil baru atau bekas pertama mereka.

Untuk anda yang ingin beli mobil baru, khususnya di Semarang, boleh langsung berkunjung ke Honda Semarang saja.

Di mana saya harus mulai mencari?

Salah satu pertanyaan utama yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri adalah dari mana saya akan membeli mobil saya?

Dealer mobil resmi

Dealer mobil adalah tempat yang tepat untuk mulai mencari kendaraan Anda berikutnya.

Mereka menawarkan dukungan dan membantu membuat pembelian mobil Anda berikutnya jauh lebih mudah. Dealer mobil akan memastikan mobil tersebut telah melalui pengujian yang ketat untuk memastikan mobil tersebut layak dijual.

Meskipun mobil biasanya lebih mahal melalui dealer, Anda dapat membeli kendaraan dengan mengetahui bahwa kendaraan telah diperiksa secara menyeluruh dan dalam kondisi terbaik saat mengemudi. Beberapa dealer juga memberikan jaminan untuk memberi Anda ketenangan pikiran ekstra.

Sales Mobil

Membeli dari penjual pribadi pada awalnya bisa lebih murah, namun, mungkin akan menghabiskan lebih banyak biaya dalam perbaikan jika mobil mengalami masalah mekanis.

Pastikan Anda mengetahui apa yang harus diwaspadai sebelum Anda pergi melihat mobil dijual oleh orang pribadi atau garasi kecil.

Anda juga tidak memiliki akses ke HP atau PCP jadi ketika Anda membeli dari dealer swasta, Anda harus memastikan bahwa Anda mampu membeli mobil atau mengambil pinjaman pribadi untuk membayarnya.

Jarak tempuh & Umur

Rata-rata sebuah mobil menempuh jarak 10-15.000 mil setahun. Anda harus selalu waspada terhadap mobil apa pun yang telah menempuh jarak lebih dari 100.000 mil dalam waktu kurang dari 5 tahun.

Ini bisa berarti bahwa mobil tersebut telah digunakan sebagai mobil persewaan / sewa dan kemungkinan besar tidak dirawat.

Anda ingin mencari mobil yang baru mungkin sesuai anggaran Anda dan memiliki jarak tempuh yang terjangkau. Namun hanya karena lebih baru tidak berarti kondisinya lebih baik. Selalu periksa setiap mobil secara individual.

Berapa yang bersedia saya bayarkan?

Jika Anda tahu Anda memiliki batas uang tunai di muka maka Anda dapat mencari mobil dalam anggaran itu tetapi jika Anda tahu seberapa banyak Anda mampu untuk keuangan maka pilihan Anda sedikit lebih luas. Jangan menghabiskan lebih dari yang Anda bisa dan jangan pernah takut untuk menawar. Selalu pertimbangkan biaya asuransi karena ini juga merupakan bagian dari biaya.

Seberapa amankah itu?

Hal terpenting saat membeli mobil bekas adalah ‘apakah aman?’. Di sinilah insting berperan. Jika ada sesuatu yang tidak beres, kemungkinan besar itu tidak benar dan jika mobil tampak siap untuk tumpukan sampah, mungkin memang begitu.

Berjalan di sekitar mobil, lihat semuanya, catat adanya benjolan atau celah di panel karena ini mungkin berarti mobil sebelumnya pernah mengalami kecelakaan. Periksa di bawah kap apakah ada kebocoran dan tumpahan oli. Jika ada sesuatu yang terlihat buruk atau naluri Anda memberi tahu Anda bahwa ada sesuatu yang salah, menjauhlah.

Hal terakhir

Ingatlah selalu saat membeli mobil bekas agar tidak terburu-buru membeli mobil pertama yang Anda lihat. Luangkan waktu Anda, lihat-lihat dan kunjungi dealer lain dan penjual pribadi untuk merasakan seperti apa pasar saat ini.

Anda ingin memastikan bahwa Anda telah membuat keputusan yang tepat. Untuk mengetahui lebih lanjut baca artikel membeli mobil kami yang lain.

Anda bisa berkunjung ke Dealer Honda dimasing-masing daerah, mulai jakarta, bandung, depok maupun Honda Cikarang.

Pengungkapan: Artikel ini ditulis oleh Ahli Keuangan