Tidak hanya konsumsi obat yang punya aturan minum supaya dapat dikonsumsi secara tepat. Ternyata ketika minum suplemen atau vitamin, Anda harus tahu cara konsumsi yang benar. Saat ini banyak yang jual obat online lewat toko obat ataupun apotek, cara ini lebih dipilih karena simple tanpa harus mengunjungi apotek terdekat.
Suplemen ataupun vitamin dikonsumsi untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan tubuh baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Untuk itu, Anda juga perlu tahu cara konsumsi vitamin atau suplemen yang benar agar tidak menimbulkan efek samping.
Konsumsi Vitamin Dan Suplemen Yang Baik dan Benar

Berikut beberapa cara tepat untuk konsumsi vitamin dan suplemen sesuai aturan.

1. Konsultasi Dengan Dokter
Terlebih dahulu Anda harus konsultasi dengan dokter agar menentukan dosis penggunaan suplemen vitamin yang tepat. Suplemen atau vitamin, dosisnya akan berbeda-beda tergantung kelompok tertentu. Misalnya suplemen dikonsumsi anak-anak dosisnya tentu berbeda dengan orang dewasa atau ibu hamil dan menyusui. Dosis berbeda juga diterapkan untuk penderita penyakit tertentu.
Ketika beli obat secara online Anda juga tidak perlu khawatir masalah konsultasi. Biasanya pada apotik online sudah terdapat fitur konsultasi gratis dengan dokter atau apoteker berpengalaman.

2. Baca Label Kemasan
Saat konsumsi vitamin, Anda juga wajib yang namanya membaca label kemasan produk. Pada label tersebut terdapat rekomendasi dosis penggunaan suplemen. Ada pula informasi seputar bahan-bahan yang terkandung pada vitamin yang akan dikonsumsi, manfaat vitamin hingga efek samping dan juga tanggal kadaluarsa.

3. Efek Interaksi Obat
Sebelum mengkonsumsi suplemen atau vitamin maka pastikan produk tersebut tidak menimbulkan efek interaksi terhadap obat-obatan lain ataupun suplemen lain. Konsultasikan juga dengan dokter atau apoteker seputar obat yang pernah atau sedang dikonsumsi bersamaan dengan suplemen.
Ada juga beberapa suplemen yang memang perlu dicampurkan ke minuman atau makanan saat mengkonsumsi. Namun pastikan tidak berlebihan menggunakan suplemen dan vitamin, supaya Anda tidak mengalami kelebihan nutrisi yang menyebabkan efek tertentu.

4. Izin Produk
Sangat penting mengetahui obat apakah memiliki izin jual produk atau tidak dengan memeriksa produk tersebut apakah sudah terdaftar di BPOM. Suplemen dan vitamin yang tidak terdaftar di BPOM maka tidak layak dikonsumsi karena kandungannya belum tentu aman.

Penggunaan suplemen yang tepat juga harus didukung dengan kandungan suplemen yang baik tanpa harus mengklaim dapat menangani masalah kesehatan atau menjanjikan hasil berlebihan. Untuk menemukan toko jual obat online dan juga jual vitamin yang bisa diandalkan, Anda bisa mencoba Apotek24Jam.
Apotek online ini menghadirkan obat bebas, suplemen dan vitamin hingga obat resep dokter dan juga berbagai produk kesehatan lainnya. Anda bisa konsultasi terlebih dahulu dengan apoteker terpercaya dari aplikasi ini sebelum beli obat. Tentu saja untuk mengetahui bagaimana dosis obat yang tepat, efek samping hingga cara konsumsi obat yang benar.