Makanan yang tiap hari kita makan akan tinggalkan tersisa di mulut seperti lidah dan gigi. Tersisa makanan di lidah bisa membuat mulut beraroma tidak lezat. Sementara bila makanan di gigi akan berpengaruh kekeroposan susunan gigi yang mengakibatkan merasa sakit.

Penyembuhan sakit gigi juga dapat dilaksanakan sendiri atau mungkin dengan mengeceknya ke dokter. Umumnya jika merasa sakit masih lumrah dapat diatasi dengan membuat obat alami. Tetapi saat rasa sakitnya telah mengusik kegiatan dan mengakibatkan bengkak, karena itu harus selekasnya ditunjuk ke rumah sakit untuk dicheck oleh dokter pakar.

Lihat juga : Jadwal Dokter Gigi

Harus dipahami , dokter pakar atau dokter gigi specialist ada bermacam jenisnya. Oleh karenanya saat sebelum mengeceknya ke rumah sakit dan minta kontribusi dokter gigi specialist, karena itu harus dipahami dulu dokter gigi specialist apa yang pas untuk tanda-tanda sakit gigi yang dirasakan. Berikut daftarnya:

1. Dokter Gigi Specialist Pelestarian: tangani sakit gigi yang berdenyut atau lebam disekitaran gigi, perawatan aliran akar, perawatan gigi estetik dan penambalan gigi.
2. Dokter Gigi Specialist Prosthodonti: pembikinan gigi tiruan atau umum disebutkan gigi palsu, mahkota dan jembatan (crown and bridge), dan implant gigi.
3. Dokter Gigi Specialist Orthodonti: membenahi susunan gigi dan rahang dengan penggunaan alat ortho atau umum disebutkan behel gigi atau kawat gigi baik yang lepasan atau cekat.
4. Dokter Gigi Specialist Bedah Mulut: pencabutan gigi bungsu atau operasi gigi bungsu, cabut gigi memiliki masalah, pengangkatan kista atau tumor gigi.
5. Dokter Gigi Specialist Kedokteran Gigi Anak: tangani keluh kesah pada gigi dan permasalahan tumbuh berkembang gigi anak. Menjaga gigi berlubang atau tambal gigi anak dan cabut gigi anak
6. Dokter Gigi Specialist Radiologi Kedokteran Gigi: lakukan photo Rontgen Gigi dan menginterpretasi hasil Rontgen sebagai dasar diagnosis dan perawatan gigi kelanjutan.
7. Dokter Gigi Specialist Penyakit Mulut: tangani lesi atau keluh kesah pada wilayah mulut seperti sariawan, infeksi jamur dan virus, lidah yang warna putih, tonjolan pada wilayah mulut.
8. Dokter Gigi Specialist Periodonti: menjaga gusi dan tulang yang menyokong gigi seperti permasalahan gigi goyang, kalkulus gigi, gusi yang turun, pembandinghan estetik pada gusi, dan penempatan implant gigi.

Tidak boleh Salah Berobat! Dokter Gigi Rupanya Ada Bermacam
Walau telah ada dokter gigi specialist tertentu, tetapi pada kasus tertentu terkadang dibutuhkan kolaborasi team dokter gigi specialist yang berbeda untuk menuntaskan satu keluh kesah. Oleh karenanya yakinkan Anda menjaga gigi di dalam rumah sakit yang mempunyai dokter gigi specialist dan sarana simpatisan yang komplet.

Ini untuk menghindar ketidaksiapnya rumah sakit tujuan dalam tangani tanda-tanda yang Anda alami. Untuk perawatan dan penyembuhan gigi.

Sumber : Jadwal Dokter Gigi