Salah satu jenis bisnis yang semakin diminati saat terjadi pandemi adalah bisnis rumahan. Bisa dibilang bisnis ini sangat nyaman dan cocok sebagai pekerjaan paruh waktu atau full time.

Sejak diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Skala Besar) akibat wabah virus corona, mau tidak mau semua kegiatan sudah dilakukan dari rumah.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan tanpa keluar rumah, kami hanya mencoba berjualan dari rumah. Pertama, temukan ide bisnis untuk rumah Anda.

Kemudian buat strategi periklanan yang tepat agar penjualan Anda bisa bersaing dengan bisnis rumahan lainnya. Ada banyak jenis strategi penjualan.

Anda tidak perlu merasa tidak aman dan belajar bagaimana mempromosikan bisnis rumahan yang efektif dan efisien yang saya kutip ini.

1. Surat langsung, dari mulut ke mulut

Jangan meremehkan rute tradisional ini. Meski masih banyak yang tersisa, promosi dari mulut ke mulut sangat efektif. Cara ini sangat mudah dan murah. Tapi ingat, lakukan dengan benar, kenakan masker saat Anda pergi keluar.

Kemudian promosikan produk sampel Anda dengan mengunjungi beberapa rumah tetangga. Misalnya, jika Anda menjual kue atau hidangan lebaran khusus, bagikan penguji makanan ke tetangga atau kerabat / rekan kantor.

Jangan lupa sertakan harga, diskon, dan nomor telepon yang bisa Anda hubungi untuk memesan kue. Semakin banyak orang mengetahui produk tersebut, semakin banyak peluang untuk menemukan pembeli baru.

2. Beriklan melalui media sosial

Gunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Line dan TikTok untuk promosi penjualan Anda. Jika Anda tidak berencana membuat akun media sosial khusus untuk produk penjualan, tidak apa-apa. Cukup gunakan akun media sosial pribadi Anda dan dapatkan calon pembeli dari teman dan kerabat Anda.

Pastikan untuk membuat keterangan dan foto produk yang menarik untuk mendapatkan tanggapan yang bagus. Di sisi lain, metode ini efektif bila Anda memiliki banyak pengikut. Cobalah untuk menjadi sekreatif dan seagresif mungkin melalui promosi media sosial Anda.

Jika Anda memiliki kenalan yang memiliki follower banyak, Anda bisa meminta bantuan mereka dalam mempromosikan penjualan Anda agar cepat laku. Selain itu, kamu juga bisa meminta bantuan artis yang juga sedang mempromosikan promosi gratis.

3. Jual di pasar

Di era digital sekarang ini, jumlah marketplace di Indonesia semakin meningkat. Agar bisnis rumahan Anda cepat laku, ada banyak pembeli. Anda bisa berjualan di pasar.

Kuncinya jangan malas belajar berjualan di pasar. Lakukan riset, pelajari cara bebas dari internet, lalu praktikkan sendiri.

Pertama, buat logo sederhana untuk produk Anda, pelajari cara mengupload foto produk, dan membuat deskripsi produk untuk metode pembayaran / pengiriman.

Anda dapat menggunakan lebih dari satu pasar untuk menjual. Rata-rata ada yang gratis berjualan disana, tapi tentu saja ada banyak kompetitor.

Jadi, jika Anda memiliki anggaran iklan, cukup tempatkan iklan di pasar agar produk Anda muncul di halaman pencarian utama.

Anda ingin belajar bisnis online khusus pemula? Jika iya, silahkan bisa kunjungi artikel belajar peluang bisnis online tanpa modal pada tautan tersebut.