Strategi Marketing Online Produk Kesehatan

Dalam situasi saat ini, menunda perawatan rutin atau tidak darurat adalah pilihan yang paling bertanggung jawab dan teraman, tetapi juga secara finansial menantang untuk praktik medis.

Strategi Marketing Online Produk Kesehatan

Ini juga dapat berarti bahwa pasien tidak dapat memperoleh perawatan sekarang ketika mereka membutuhkannya karena mereka menghindari lingkungan klinis. Untuk terus menawarkan perawatan, banyak praktik meluncurkan telemedicine atau layanan kesehatan virtual untuk pertama kalinya.

Sebagai agen pemasaran Internet perawatan kesehatan, Full Media saat ini sedang mengembangkan strategi untuk membantu klien kami berkomunikasi dengan pasien dan memasarkan layanan baru, termasuk kesehatan virtual. Mengetahui bahwa ini adalah tantangan umum untuk banyak praktik saat ini, kami ingin membagikan daftar besar taktik kami untuk mempromosikan kesehatan virtual atau telemedicine sebagai layanan baru.

1. Perbarui situs web Anda.
Idealnya Anda akan memasukkan informasi tentang telemedicine baru atau layanan kesehatan virtual di seluruh situs web Anda, terutama jika Anda memiliki beberapa lokasi dan halaman penyedia.

Karena banyak pasien mencari penyedia mereka secara langsung atau mencari praktik mereka, banyak pasien yang langsung membuka halaman di situs Anda yang relevan dengan mereka, daripada membuka halaman beranda Anda terlebih dahulu. Dengan menyertakan pesan atau tombol yang mempromosikan “Telemedicine Sekarang Tersedia” dengan tautan ke informasi lebih lanjut, Anda dapat menjangkau banyak pasien Anda saat ini untuk memberi tahu mereka bahwa dokter atau praktik yang biasa mereka lihat sekarang dapat melayani mereka dengan cara ini.

Namun, kami menemukan bahwa banyak penyedia yang mencoba mempromosikan layanan ini dengan tergesa-gesa, atau mereka mungkin tidak memiliki akses untuk memperbarui banyak halaman. Jadi kami telah mengambil langkah-langkah berikut untuk mereka: (1) Perbarui beranda mereka dengan pesan atau grafik yang menonjol tentang telemedicine, dan (2) tautan ke satu halaman baru di situs web tentang penawaran telemedicine baru.

2. Jawab pertanyaan di situs web Anda tentang layanan baru.
Antisipasi pertanyaan umum. Berikut adalah daftar pertanyaan singkat yang mungkin ingin Anda jawab di bagian FAQ tentang layanan telemedicine baru Anda:

Apakah Anda melihat pasien baru atau hanya pasien yang sudah ada melalui telemedicine?
Masalah kesehatan spesifik apa yang dapat Anda bantu melalui telehealth? (Misalnya, jika Anda sedang dalam perawatan darurat, kemungkinan besar Anda tidak dapat mengobati patah tulang melalui telemedicine, tetapi Anda mungkin dapat menangani ruam secara virtual.)

Bersikaplah transparan tentang biaya jika Anda bisa, termasuk informasi asuransi jika berlaku.
Bagaimana prosesnya? Apakah mereka langsung terhubung dengan penyedia? Apakah mereka mengisi sesuatu dan kemudian mendengarnya kembali? Jam berapa Anda tersedia?

3. Beri tahu pasien Anda melalui email.
Jika Anda memiliki daftar email dan platform email, pastikan untuk mengirimkan pemberitahuan kepada pasien Anda tentang layanan baru ini dan mengarahkan mereka ke halaman baru di situs web Anda yang menjelaskannya. Jika staf Anda memiliki bandwidth, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menghubungi mereka dan meninggalkan pesan suara untuk memberi tahu mereka bahwa Anda ada di sini untuk mereka saat ini dan sekarang menawarkan telemedicine jika mereka membutuhkan. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memberi tahu mitra dekat yang Anda miliki atau dokter yang sering dirujuk.

4. Promosikan di media sosial.
Posting tentang layanan telemedicine baru Anda di akun media sosial Anda. Namun, ketahuilah bahwa memposting di media sosial tidak bisa menjadi satu-satunya strategi penjangkauan Anda. Rata-rata postingan di halaman bisnis Facebook hanya mencapai 6,4% dari semua orang yang menyukai halaman tersebut.

Pertimbangkan untuk meningkatkan posting Anda atau berinvestasi dalam iklan di Facebook, Instagram, Twitter, atau di mana pun bisnis Anda berada. Ini akan membantu Anda (a) menjangkau lebih banyak audiens Anda di platform tersebut, dan (b) menjangkau orang-orang baru di komunitas Anda yang tidak tahu tentang bisnis Anda.

Di Facebook dan Instagram, pertimbangkan juga untuk menggunakan fitur “Cerita” untuk menjangkau lebih banyak orang tentang penawaran telemedicine Anda.

5. Pertimbangkan Iklan Penelusuran Google.
Iklan penelusuran adalah beberapa cara paling efektif untuk menghasilkan volume pasien karena menampilkan Anda di hadapan pasien saat mereka mencari Anda. Dengan bentuk periklanan lain, Anda mungkin dapat tampil di hadapan demografis atau tipe orang yang tepat, tetapi Anda tidak dapat menjamin bahwa mereka membutuhkan atau menginginkan layanan Anda pada saat itu.

Misalnya, dokter ortopedi tidak dapat menargetkan orang yang mengalami nyeri lutut di Facebook. Namun mereka yakin dapat menargetkan orang-orang yang mencari informasi tentang cara meredakan nyeri lutut di Google Penelusuran.

Jika Anda meluncurkan layanan kesehatan virtual baru, sebaiknya pertimbangkan jenis kampanye Google Penelusuran berikut:

Pertimbangkan iklan bermerek terlebih dahulu. Buat daftar kata kunci yang menyertakan nama praktik dan nama dokter Anda. Ini akan memastikan bahwa setiap kali pasien yang ada mencari praktik Anda di web, Anda memiliki kesempatan untuk mempromosikan penawaran telemedicine baru Anda.

Buat kampanye tambahan yang berfokus pada layanan yang Anda tawarkan melalui telemedicine.

Jika Anda lebih dari seorang dokter umum, seperti PCP, klinik perawatan darurat, internis, dll., Pertimbangkan kampanye lain yang berfokus pada istilah luas seperti: kesehatan virtual, dokter virtual, klinik virtual, dokter telemedicine. Ada banyak pencarian untuk istilah ini, dan banyak pencari tidak hanya mencari dokter berdasarkan gelar atau sertifikasi yang tepat.

Pertimbangkan target geografis yang lebih luas dari biasanya untuk ini. Untuk banyak penyedia, kami mencoba menargetkan area geografis yang relatif sempit di sekitar praktik mereka karena kedekatan penting bagi pasien. Tetapi ketika berbicara tentang telehealth, pasien mungkin kurang peduli dengan di mana Anda berada dan lebih peduli dengan penawaran telemedicine Anda dibandingkan dengan praktik lainnya.

6. Pertimbangkan Iklan non-Penelusuran.
Selama wabah COVID-19, banyak pasien mempraktikkan jarak sosial dan berpotensi bekerja dari rumah. Ini berarti cara orang menggunakan Internet telah berubah drastis.

Data dari WordStream ini menunjukkan bahwa pengguna mencari lebih sedikit, terutama di perangkat seluler, dan mengambil lebih banyak konten daripada biasanya. Jaringan Display Google memungkinkan pengiklan untuk menampilkan iklan pada konten di seluruh web, seperti situs berita lokal dan nasional, blog gaya hidup, video YouTube, aplikasi dan game seluler, dan banyak lagi. Orang-orang di setiap komunitas masuk ke komputer mereka – mereka tidak mencari layanan dengan cara yang sama seperti biasanya.

Meskipun iklan video bisa sangat rumit untuk dibuat, Jaringan Display Google memiliki banyak opsi mudah untuk membantu Anda memulai dan menjalankan. Berikut beberapa kiat agar beberapa iklan bergambar aktif dan berjalan dengan cepat:

Buat iklan, gunakan jasa backlink edu dan pesan sederhana. Ukuran iklan ini mendapatkan tayangan terbanyak di Google Display Network.

Gunakan pembuat iklan bergambar responsif Google. Dengan ini, Anda cukup mengunggah beberapa gambar dan logo Anda, dan memasukkan pesan Anda. Dengan iklan ini, Anda dapat aktif dan berjalan dengan kampanye Display baru dalam waktu sekitar 30 menit. Lihat video ini dan petunjuknya dengan Google.

7. Perbarui daftar lokal Anda.
Tahukah Anda bahwa lebih dari 50% pencarian tidak menghasilkan klik sama sekali ke situs web? Saat ini, lalu lintas pencarian menurun karena perilaku konsumen berubah selama wabah COVID-19. Itu berarti semakin penting untuk memberi tahu orang-orang informasi yang perlu diketahui tentang bisnis Anda langsung di laman hasil penelusuran.

Perbarui deskripsi dan layanan bisnis Anda di Google, Bing, dan Yahoo! Maps – di Google Bisnisku, mereka sebenarnya memiliki jenis postingan khusus sekarang untuk berita dan pembaruan COVID-19. Anda dapat melihat contoh di bawah ini dari salah satu postingan ini. Jangan lupa layanan daftar pihak ketiga seperti Yelp, Healthgrades, dan ZocDoc.

Pembaruan pada 4/8: Google Bisnisku juga sekarang menawarkan kemampuan untuk menambahkan dua tautan ke salah satu cantuman lokal Anda. Ini termasuk tautan khusus ke informasi COVID-19 dan tautan lain ke informasi Telehealth di situs web Anda. Manfaatkan sumber daya ini untuk memastikan bahwa pencari dapat dengan mudah menemukan informasi tentang bagaimana praktik Anda beradaptasi untuk COVID-19. Fitur ini dapat ditemukan dengan masuk ke akun Google Bisnisku, memilih listingan tertentu, lalu memperbarui bagian “Info”.

8. Perbarui informasi Meta di situs web Anda.
Mirip dengan daftar lokal, informasi Meta muncul langsung di halaman hasil pencarian setiap kali pasien mencari layanan Anda, atau langsung ke organisasi Anda. Pertimbangkan untuk menambahkan tambahan sederhana ke informasi Meta Anda, terutama untuk halaman utama seperti beranda, halaman penyedia, dan halaman lokasi Anda. Lihat contoh di bawah ini.

9. Siapkan kampanye surat langsung.
Meskipun tidak secepat atau semudah meluncurkan kampanye pemasaran digital, kami telah menemukan bahwa klien kami mendapatkan hasil yang baik dengan surat langsung. Apakah Anda hanya memperbarui pasien yang ada tentang penawaran baru ini atau mencoba menjangkau kelompok yang lebih luas di komunitas Anda, surat langsung dapat menjadi cara yang efektif untuk menjangkau audiens Anda. Ini juga bisa menjadi cara yang baik untuk mendukung bisnis lokal lainnya, seperti perusahaan percetakan, yang mungkin sedang berjuang saat ini juga.

10. Pertimbangkan untuk menggabungkan fitur obrolan yang sesuai dengan HIPAA.
Mengingat bahwa telehealth adalah hal baru bagi Anda, dan banyak penyedia lain saat ini, sulit untuk mengetahui dengan tepat apa yang mungkin menghalangi pasien untuk menjangkau. Mereka mungkin bertanya-tanya apakah perawatan virtual tepat untuk mereka atau masalah mereka. Mereka mungkin bertanya-tanya apakah biayanya akan berbeda. Pasien memiliki banyak pertanyaan dan kekhawatiran saat ini, ditambah lagi harus berkomunikasi dengan penyedia mereka dengan cara baru, dan mereka mungkin menghindari masalah sepenuhnya.

Dengan mengintegrasikan fitur seperti obrolan, di mana pasien dapat terlibat langsung dengan penjadwal atau admin praktik Anda untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan sederhana, Anda dapat mengetahui apa yang menahan pasien dan mendorong mereka untuk merasa nyaman dengan jalur perawatan yang tidak terlalu tradisional.

Banyak alat obrolan sangat mudah untuk diintegrasikan – mereka hanya membutuhkan pengembang Anda untuk memasukkan beberapa kode, kemudian yang lainnya dapat dikelola oleh latihan Anda melalui platform online yang ramah pengguna. Pastikan Anda memilih alat yang sesuai dengan HIPAA!