Industri penerbangan dilayani oleh banyak perusahaan jasa, tetapi Operator Pangkalan Tetap atau FBO sangat penting bagi perusahaan penerbangan swasta dan komersial. Dalam posting ini, kita akan berbicara tentang FBO secara rinci dan memahami beberapa layanan dan peran mereka dalam industri saat ini.

Layanan penting

Seperti namanya, FBO dan layanan penanganan pesawat menawarkan infrastruktur tetap dan berbagai fasilitas berbeda di bandara. Fasilitas ini bisa sangat beragam, mulai dari pengelolaan terminal dan layanan penumpang hingga imigrasi, pengisian bahan bakar pesawat, dan layanan pemeliharaan. Kisaran layanan yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan ini sangat bergantung pada ukuran dan lokasi. Di tempat-tempat seperti Timur Tengah, India, dan Cina, layanan ini masih berkembang pesat, sementara di Eropa dan Amerika Utara, FBO sudah melakukan pekerjaan penting di sebagian besar bandara.

Memahami layanan penanganan pesawat

Beberapa FBO memang menawarkan layanan penanganan pesawat, meskipun layanan tersebut juga dapat disediakan oleh pihak ketiga. Penangan darat biasanya memiliki izin langsung dari bandara untuk menawarkan layanan ini. Ini mungkin termasuk layanan sayap atas dan bawah (dibahas lebih lanjut dalam posting ini). Layanan penanganan bandara sangat penting karena ini menawarkan bantuan dan bantuan dengan peralatan pendukung darat. Petugas lapangan harus memiliki asuransi pertanggungjawaban yang signifikan dan harus memiliki pelatihan keselamatan yang tepat di lapangan. Di sebagian besar negara, mereka juga membutuhkan sertifikasi tambahan dari otoritas yang berbeda.

Layanan sayap atas dan bawah

Layanan “Above Wing” adalah tentang membantu awak dan penumpang ke dan dari pesawat. Ini mungkin termasuk menangani penumpang di bandara, bersama dengan layanan lain seperti transportasi ke pesawat, katering dalam penerbangan, dan mengelola akomodasi di hotel jika diperlukan. FBO juga mengelola layanan pramutamu untuk melayani kebutuhan penumpang mereka yang menggunakan pesawat pribadi. Di sisi lain, layanan “Di Bawah Sayap” melibatkan pekerjaan penanganan di darat yang sebenarnya, termasuk penanganan bagasi, penarik, dan koordinasi dengan pihak lain untuk pengisian bahan bakar, hanggar, dan layanan lainnya. Banyak perusahaan juga menawarkan layanan penting tambahan, seperti pasokan peralatan tertentu seperti kapal tunda, unit daya darat, dan peralatan lainnya.

Area penting lainnya

Jika Anda adalah pemilik pesawat pribadi dan membutuhkan layanan FBO, Anda perlu mencari perusahaan yang memiliki pengalaman luas di bidangnya. Anda perlu mengetahui kedalaman pengalaman yang mereka miliki dalam menyediakan layanan FBO serta kemampuan dan kapasitas mereka saat ini. Untuk layanan FBO, penting untuk memiliki perusahaan yang mengkhususkan diri di bidang tersebut dan telah bekerja di bandara besar di Amerika. Anda mungkin juga ingin mengetahui pengalaman mereka di arena internasional, terutama bila Anda perlu secara khusus merencanakan operasi internasional.

Selama bertahun-tahun, permintaan FBO telah meningkat pesat, meskipun perannya dapat berbeda di berbagai negara. Perusahaan-perusahaan ini melakukan persyaratan teknis dan menangani masalah lain di bandara besar dan merampingkan pekerjaan secara profesional, baik untuk awak penerbangan maupun penumpang. Beberapa FBO bahkan bekerja dengan sponsor bandara dan pihak lain untuk mengelola dan menangani proyek tertentu.

 

Sumber: E-Jasa