Sejarah Basket Dunia dan Teknik Dasar Dalam Bermain Bola Basket

Timnas Basket Indonesia Siap Cetak Sejarah Lolos Piala Dunia

Sejarah dalam permainan bola basket sudah berkembang dari 100 tahun yang lalu, setalh terus berkembang hingga saat ini, bola basket ini menjadi salah satu cabang olah raga yang paling diminati di dunia.

Sejarah bola basket  ini pertama kali di perkenalkan oleh seorang guru olah raga yang berasal dari kanada yaitu Dr. James Naismith di tahun 1891. Dulu Dr. James Naismith ini mengajar di sebuah kampus di daerah Springfield, Massachusetts yaitu Young Men’s Christian Association (YCMA).

Setelah bisa mendapatka perhatian yang cukup tinggi, permainan bola basket ini akhirnya jadi olah raga yang resmi si Young Men’s Christian Association (YCMA). Olah raga yang satu ini pertama kali di mainkan secara resmi di di gimnasium YMCA, Albany, New York.

Sebelum menjadi basket ball dulu Naismith ini memberi nama olah raga ini dengan nama dia sendiri yaitu Naismith ball. Lalu ada salah satu pemain yang menyarankan dirinya untuk mengganti nama dari olahraga yang satu ini.

Lalu frank ini mengabim nama dari ring yang mirip dengan keranjang. Se;ainitu frank juga Naismith untuk menamainya Basketball, kemudian Naismith ini suka dengan nama tersebut dan setuju atas saran yang telah di berikan.

Maka dari situ olah raga tersebut di kenal oleh masyarakat luar dengan sebutan basetball. Kemajuan dari olah raga ini adalah adanya federasi bola basket internasional atau FIBA yang berdiri pada tanggal 18 Juni 1932.

 

Teknik Dasar Bola Basket

  • Cara Memegang Bola

Teknik dalam memegang bola adalah memegang kedua bola dengan menggunakan kedua tangan, saat memegang menggunakan 2 tangan buka tangan Anda seperti Anda sedang memegang mangkok yang besar. Lalu letakan tangan di kedua sisi bola pada bagian kiri dan kanan kemudian agak ke belakang. Lalu lekatkan bagian tengah sisi kanan dan kiri bola. Jangan lupa untuk membuka kedua kaki dengan lebar, dan posisikan salah satu kaki Anda dibagian depan.

  • Passing dan Catching

Cara menangkap bola (catching):

Coba untuk meraih bola dengan membuka lebar jari- jari sampai terentang, dengan begitu posisi bola ada di telapak tangan, kemudian gengam bola tersebut dan rentangkan jari selebar mungkin sambil menariknya ke belakang.

Melempar bola (passing) terdiri dari 5 cara, yaitu: 

  1. Chest Pass: melempar bola dari dada.
  2. Overhead Pass: melempar bola dari di atas kepala. 
  3. Bounce Pass: melempar bola dengan memantulkan bola ke lantai
  4. Baseball Pass: melempar bola dengan posisi diatas atau belakang kepala.
  5. Behind Back Pass: melempar bola di belakang tubuh dengan memantulkanya ke lantai.
  • Dribbling

Dribbling ini adalah cara mengontorl bola di dalam genggamann jari atau bisa juga memantulkan bola menggunakan satu tangan.

  • Pivot

Jika Anda belumm tahu pivot, pivot ini merupakan gerakan penyelamatan bola dari jangkauan lawan. Caranya ini cukup mudah And ahanya melakukan gerakan memutar dengan menggunakan satu kaki sedangnya kaki yang lainnya di jadikan sebagai poros. Gerakan yang satu ini biasnya di lakukan dengan 3 gerakan lainnya misalnya passing, drible, dan shooting.

  • Shooting

Shooting ini merupakan sebuah gerakan untuk mencetak poin atau angkat saat bermain basket. Gerakan ini biasanya si lakuak dengan memakai kedua tangan atau satu tangan saja. selanjutnya hasil dari gerakan yang satu ini bisa menghasilkan jumlah poin yang beda- beda yaitu 1, 2, hingga 3.