Sering Dikira dari Luar Negeri, Restoran Franchise Ini Ternyata Produk Lokal Indonesia.

Bisnis kuliner di Indonesia berkembang pesat hingga saat ini, tidak heran jika banyak bermunculan restoran-restoran di Indonesia. Mulai dari pilihan merek lokal dan luar negeri. Memilih nama Anda adalah faktor terpenting dalam menjalankan bisnis.

Beberapa restoran waralaba bisa sukses tidak hanya di dalam negeri sendiri tetapi juga di luar negeri. Tak heran banyak yang menganggap restoran cepat saji atau yang lebih dikenal restoran franchise berasal dari luar negeri.

Baca ulasan menarik lainnya di Media Jakarta, silahkan bisa klik tautan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa restoran waralaba yang dianggap milik asing dan sebenarnya produk lokal Indonesia:

1. Hokben

Anggapan orang awam yang mengira brand ini berasal dari Jepang. Waralaba Hoka Hoka Bento sebenarnya adalah merek dari perusahaan Indonesia, PT Eka Bogainti, yang didirikan pada tahun 1985. Restoran waralaba Hoben Indonesia adalah spesialis makanan kotak Jepang.

Sebagian besar makanan yang disajikan digoreng dengan salad. Selama lebih dari tiga dekade restoran ini telah membuka 150 cabang yang tersebar di seluruh nusantara.

2. Ayam Goreng California (CFC)

Merek California Fried Chicken (CFC) merupakan merek asli dari Indonesia bahkan dengan nama California. Selain sejarah lahirnya di Indonesia, resto ayam ini juga belum menjalin kerjasama dengan perusahaan asing.

Di bawah naungan PT Pioneerindo Gourmet Tbk, CFC menawarkan cita rasa makanan cepat saji Paman Sam yang masih hidup hingga saat ini dengan ratusan gerai. Restoran franchise ayam goreng ini berdiri sejak tahun 1983, kini telah membuka 250 gerai di seluruh Indonesia.

3. Excelso

Excelso sering dianggap sebagai kedai kopi dari luar negeri. Bukan hanya karena namanya, tapi juga karena desain logonya yang bergaya asing.

Padahal, Excelso awalnya merupakan kedai kopi asal Indonesia dan tergabung dalam Kapal Api Group. Excelso didirikan pada tahun 1991 di Plaza Indonesia dan kini memiliki ratusan toko di seluruh Indonesia.

Tidak hanya menyajikan minuman kopi, Excelso juga menjual biji kopi pilihan dari Indonesia.

4. Richese Factory

Memiliki nama dari bahasa asing membuat Richeese Factory dikenal dari luar negeri. Richeese Factory didirikan oleh PT. Richeese Kuliner Indonesia tahun 2011.

Richeese Factory paling akrab dengan bahasa Indonesia, akrab dengan makanan pedas, terkenal dengan sensasi ayam goreng pedas. Berdiri sejak 2011 di Bandung, restoran cepat saji ini sukses menyasar berbagai kota di Indonesia.

5. J.Co

Pengusaha asal Singkawang, Kalimantan Barat, Johnny Andrean, enggan berhenti berbisnis di dunia salon, namun ia membuka bisnis waralaba J.Co yang didirikan pada 2006 di Tangerang.

Kini, brand lokal telah membuka cabang di berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan China. J.Co dikenal sebagai gerai donat dengan banyak varian rasa dan topping.

Tidak hanya donat, J.Co juga menyediakan kopi, yogurt, dan aneka kue. J.Co muncul pada tahun 2006 dan langsung terkenal karena memiliki konsep kafe yang bagus untuk hang out.

Baca artikel lainnya di Jakarta Media, bisa Anda kunjungi dengan mengklik link tersebut.