Rekomendasi Aplikasi Membuat Storyboard Gratis

Ingin membuat storyboard secara digital? Kami punyai 5 referensi program membuat storyboard gratis nih. Yok, kita baca sama! Storyboard ialah sebuah gambar atau contoh yang dipakai untuk bikin perancangan sketsa yang berisi runtutan episode dari video yang akan kamu bikin nanti.

Ini menjadi salah satunya langkah yang dapat kamu pakai untuk sampaikan gagasan satu narasi ke bentuk visual.

Memiliki bentuk yang rangka akan menolongmu bila rupanya masihlah ada sisi narasi yang penting dikoreksi. Maka tidak perlu mengawang untuk memikirkan hasil akhir film, sebab bisa kamu saksikan gambarnya di sini.

Di artikel awalnya kami pernah mengulas mengenai keterangan sekitar storyboard, faedah, sampai langkah pembikinannya. Nah, saat ini waktunya kami memberikan referensi program membuat storyboard khusus untuk kamu yang ingin menggambar dengan digital.

Dengan memakai program ini, kamu dapat bebas menggambar watak dan mengambil template storyboard! Yuk,langsung kita baca sama daftar aplikasinya.

  1. Storyboarder

Aplikasi membuat storyboard yang akan pertama kami ulas ialah Storyboarder. Alat ini mempermudah kamu untuk mendeskripsikan narasi secara cepat seperti menggambar stickman. Bikinlah gambar contoh dengan mudah dan cepat. Gesturkan idemu ke rekanan team atau client tanpa perlu membuat filmnya lebih dulu.

Bila kamu berminat untuk memakai program ini, kamu bisa mengambilnya dengan gratis di macOS, Windows, dan Linux. Wah telah kece, gratis juga. Menggambar storyboard jadi tidak ribet, GenK!

Untuk kamu yang pemula dan ingin mengirit uang, Storyboarder jadi opsi yang paling baik untuk kamu pakai. Dalam workspace, ada feature brush tools, sketch pane, board drawer, metadata panel (kolom deskripsi), dan opsi untuk mengubah di Adobe Photoshop.

  1. Storyboard Fountain

Berikutnya ialah Storyboard Fountain yang disebut program membuat storyboard untuk mempermudah kamu saat mendeskripsikan dokumen atau script secara cepat. Software ini dapat kamu ambil dengan gratis di website khusus loh, tetapi sayang cuman dapat dipakai oleh pemakai macOS, hingga tidak dapat dicicipi oleh pemakai Windows dan Linux.

Sayang kembali, program ini masih dihidangkan dalam versus beta, hingga ada banyak feature yang penting diperbarui dan disempurnakan kembali. Mengakibatkan tidak tutup peluang jika terjadi bug saat kamu sedang menggambar nanti.

Walau demikian, Storyboard Fountain tawarkan banyak sekali feature yang dapat kamu cicipi. Misalkan seperti mengubah dokumen/script langsung di program ini, ekspor video ke Final Cut Pro atau Adobe Premiere, bisa tersambung dengan bermacam tipe pen tablet, penyimpanan automatis, tombol shortcut untuk memudahkan pekerjaan, dan ada banyak kembali.

  1. Make Storyboard

Make Storyboard ialah software untuk bikin storyboard yang dapat kamu ambil dengan gratis di piranti macOS, Windows, atau Linux. Program ini memungkinkannya kamu untuk mengendalikan gambar dan sketsa yang kamu bikin. Dalam waktu cepat, kamu dapat menggambar dengan menumpahkan semua kreasi kamu saat membuat contoh episode.

Program membuat storyboard ini memungkinkannya kamu untuk lakukan kerjasama dengan beberapa orang loh. Ingin minta masukan menjadi lebih gampang. Triknya dengan memberikan file project ke rekanmu yang awalnya telah di-export ke pola PDF.

Ini memungkinkan dilaksanakan, karena ada feature untuk memberi tanggapan langsung. Dapat dijangkau melalui bermacam tipe piranti, terhitung handphone dan tablet. Hingga makin lebih gampang bila kamu bekerja dalam team atau harus terus berbicara dengan client tanpa perlu berpindah basis.

  1. OpenToonz

Software untuk bikin storyboard yang seterusnya akan kami ulas namanya OpenToonz. Apa kamu masih asing dengan program ini?

kompiwin.com

Pada intinya, OpenToonz ialah software yang dipakai untuk produksi animasi 2D. Di sini kamu bisa menggambar contoh dengan detil dan dampak visual yang memikat.

Software ini tidak mempunyai batas Hak Cipta dan bisa kamu pakai sepuasnya, tidak perduli apa arah pemakaiannya komersil atau tidak. Program ini bisa dipakai untuk semuanya pendesain, seperti produksi professional, produksi pemula, dan untuk evaluasi di sekolah.

  1. StudioBinder

Sekarang masuk di referensi program membuat storyboard yang paling akhir nih, namanya StudioBinder. Inilah jalan keluar untuk bikin storyboard lewat cara online.

Triknya benar-benar gampang, cukup upload gambar yang kamu ingin untuk jadikan contoh episode dan kemudian storyboard kamu telah jadi dech. Visualisasikan episode yang telah kamu bikin di shot daftar ke bentuk storyboard. Ingin membuat video, film pendek, acara TV, sampai film terpenting sekalinya, semua dapat kamu kerjakan secara ringkas.