Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah

Butuh banyak pemikiran untuk membeli rumah. Banyak proses yang harus dilalui untuk mendapatkan rumah idaman. Namun, tidak semua orang ingin membeli rumah secara langsung, karena banyak orang lebih memilih untuk membeli tanah dan mendesain serta membangun rumah sendiri sesuai dengan ide dan keinginan mereka sendiri.

Merancang dan membangun rumah sesuai keinginan Anda sendiri adalah hal yang sangat menarik dan dapat membawa Anda rasa kepuasan. Jika Anda ingin mendesain rumah impian Anda, Anda dapat dengan mudah mencoba banyak aplikasi di platform PC dan smartphone segera. Untuk memberi tahu Anda aplikasi mana yang dapat digunakan untuk mendesain rumah, kami akan membahasnya di artikel ini:

Pengertian Aplikasi Desain Rumah

Anda perlu menguasai keterampilan menggambar desain rumah secara manual menggunakan kertas.

Namun, teknologi saat ini berkembang sangat pesat, dan siapa pun dapat dengan mudah mendesain rumah impian mereka. Mengutip dari Wikipedia, desain rumah adalah rencana awal untuk membangun rumah dan menjelaskan semua detail spesifikasi rumah yang akan Anda bangun. Spesifikasi yang dibahas meliputi material, desain layout, dan teknik bangunan.

Aplikasi Desain Rumah untuk Rancang Rumah Idaman

Di masa lalu, mendesain rumah bukanlah tugas yang mudah. Setidaknya Anda harus bisa menggambar secara manual untuk mendesain rumah atau ruangan di rumah Anda sendiri. Sekarang Anda dapat mengandalkan aplikasi untuk membantu Anda mendesain rumah Anda dengan mudah. Dari laporan House Beautiful, berikut beberapa aplikasi desain rumah yang bisa kamu coba.

  1. SketchUp

Menurut ulasan dari situs anakpelajar.com, Aplikasi ini berasal dari komputer, sehingga Anda memerlukan perangkat desktop atau laptop untuk menggunakannya. SketchUp juga merupakan perangkat lunak yang berfungsi penuh dan fleksibel. Anda dapat mengunduh aplikasi penampil SketchUp untuk Android dan iOS untuk menampilkan kreasi SketchUp di ponsel Anda.

  1. SmartDraw

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu coba adalah SmartDraw. Aplikasi desain rumah ini sangat mudah digunakan dan memiliki tampilan yang sangat modern. Anda dapat menunjukkan rumah Anda dalam 3D dan melihatnya dari perspektif yang berbeda.

  1. Houzz

Houzz adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan inspirasi dari rumah Anda dan membuat desain interior. Aplikasi Houzz juga dapat digunakan di smartphone dan PC, sehingga Anda dapat menggunakan aplikasi dengan mudah dan cepat di mana saja.

  1. Home Design 3D

Aplikasi ini memiliki fitur di mana Anda dapat melihat hasil desain rumah Anda secara real time tergantung pada hasil rendering yang realistis.

  1. Home Outside

Aplikasi ini akan membantu Anda mendesain tata letak rumah Anda dalam antena dua dimensi. Aplikasi ini tersedia untuk dibeli di AppStore di iOS seharga 35.000 rupee, dan Anda dapat mengunduhnya secara gratis di PlayStore di Android.

  1. Floorplanner

Aplikasi ini tidak mengharuskan Anda mengunduhnya terlebih dahulu, Anda dapat melakukannya langsung secara online. Aplikasi ini memungkinkan Anda membuat dan mendesain denah lantai di rumah dengan cepat.

  1. Planner 5D

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat menarik dan detail, sama seperti SketchUp. Ini mencakup beberapa fitur sehingga Anda dapat langsung melihat dan menjelajahi hasil desain rumah dari sudut pandang mata manusia rata-rata. Aplikasi ini dapat digunakan pada platform PC, dan setidaknya diperlukan spesifikasi komputer yang baik agar dapat berjalan dengan lancar.

  1. HomeByMe

HomeByMe adalah salah satu aplikasi desain rumah yang disediakan untuk Anda secara gratis. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat unik dan menarik. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan katalog langsung barang asli, yang dapat digunakan untuk mendesain interior rumah Anda agar terlihat lebih otentik.

  1. Roomstyler 3D Home Planner

Jika Anda tidak menyukai aplikasi desain rumah yang rumit, maka Anda bisa menggunakan Roomstyler 3D Home Planner sebagai solusi terakhir.

  1. Photo Measures

Salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda mendesain rumah Anda berikutnya adalah Photo Measures. Aplikasi ini dapat langsung menghitung berdasarkan foto yang Anda ambil untuk mengukur panjang, lebar, tinggi dan volume benda. Aplikasi ini bisa kamu download di AppStore hanya dengan Rp 140.000.

  1. Smartdraw

Aplikasi Smartdraw tersedia online di PC Windows, dan Anda bisa mulai berlangganan mulai dari Rp 130.000 per bulan. Aplikasi Smartdraw dapat membantu Anda membuat dan mengubah desain tata letak rumah Anda. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga digunakan oleh Tesla untuk desain.

  1. Artlantis

Aplikasi Artlantis muncul di platform PC, dan Anda dapat menggunakannya untuk merender desain rumah agar terlihat lebih nyata dan hidup.