Sesuai dengan pembahasan sebelumnya bahwa, sebuah pompa hidrolik mampu menghasilkan energi mekanis hanya dengan memanfaatkan suatu cairan. Cairan atau fluida tersebut diolah sedemikian rupa dengan perangkat yang ada pada mesin ini. Dalam sebuah sistem hidrolik tentunya telah tersusun oleh beberapa komponen penting, antara lain :

 

1. Tangki Hidrolik

Komponen penyusun pertama yang sangat penting adalah tangki hidrolik. Dalam tangki ini berguna untuk menampung seluruh cairan yang nantinya akan menjadi penggerak. Selain itu, komponen ini juga berguna sebagai pendingin untuk cairan yang ada di dalamnya.

2. Pompa Hidrolik

Selanjutnya, bagian ini tak kalah penting dalam sebuah proses sistem hidrolik. Pompa hidrolik inilah yang sangat berpengaruh pada sistem mesin ini. Dapat menghasilkan aliran hidrolik yang berasal dari sebuah zat cair. 

3. Katup Kontrol

Katup kontrol atau yang memiliki sebutan lain, yakni control valve. Untuk bagian ini berguna sebagai pengarah cairan fluida agar dapat menuju di berbagai komponen yang membutuhkan cairan tersebut.

4. Katup Tekanan

Kemudian ada katup pengatur tekanan atau yang biasa disebut dengan nama main relief valve. Komponen ini memiliki fungsi sebagai pengontrol. Sangat berperan penting dalam mengontrol tekanan yang masuk dalam sistem hidrolik. Dikarenakan tekanan yang tinggi mampu menyebabkan kerusakan pada sistem.

 

5. Filter dan Aktuator

Dalam sistem ini terdapat filter, yang berguna untuk melakukan penyaringan. Dilakukan penyaringan guna menghindari gangguan pada sirkulasi sistem dengan Flow Meter Solar.

Dengan menggunakan filter ini diharap mampu meningkatkan kebersihan pada cairan. Sedangkan untuk aktuator, berguna untuk mengontrol sistem hidrolik. Komponen inilah yang mampu mengubah energi hidrolik menjadi mekanis.