Diketahui bahwa saat ini bisnis ritel begitu diminati dikalangan masyarakat. Ritel sendiri merupakan kegiatan dalam mempromosikan produk berua barang maupun jasa. Pemasaran tersebut dapat dilakukan secara eceran mapun satuan. Selain itu, bisnis ini juga dipahami sebagai tahap terakhir dalam rantai distribusi. Lalu apa saja manfaat dari software ini dalam dunia bsnis ritel?

Peran Penting Software Warehouse Pada Bisnis Ritel

Kami kutip dari Majapahit Teknologi, Warehouse atau disebut juga dengan Gudang merupakan sebuah ruangan besar yang didalamnya digunakan sebagai tempat penyimpanan. Dalam bisnis ritel, tempat ini digunakan sebagai tempat penyimpanan barang dagangan.

Adapun manfaat atau peran dari warehouse menurut Purnomo, diantaranya:

1. Manufacturing Support Atau Pendukung Proses Produksi

Warehouse digunakan sebagai endukung dari kelancaraan suatu perusahaan dalam penyediaan barang produksi. Dengan adanya warehouse, maka persediaan barang produksi akan dapat berjalan sebagaimana target dalam bisnis perusahaan.

2. Production Mixing Atau Tempat Pencampuran Produksi

Gudang atau warehouse juga digunakan sebagai tempat penyortiran produk perusahaan sebelum produk tersebut di distribusikan ke berbagai tempat.

3. Tempat Perlindungan Barang

Suatu perusahaan, hendaknya mempunyai system keamanan untuk diterapkan dalam Gudang dan harus dapat menjamin keamanan produk yang terdapat di dalam Gudang. System ini termasuk dalam manajemen Gudang yang begitu penting untuk kemajuan suatu perusahaan.

4. Tempat Pemisahaan Produk Dari Pencemaran

Setiap perusahaan, biasanya akan memiliki beberapa macam produk yang di produksi. Maka penting bagi perusahaan tersebut untuk memisahkan produk satu dengan produk lainnya dengan membagi antara material berbaya dan tidak berbahaya. Hal tersebut di tujukan agar tidak terjadinya pencemaran yang dapat merusak suatu prodyk dan menimbulkan erugian kepada perusahaan.

5. Tempat Persediaan

Diketahui bahwa setiap perusahaan mempunyai beberapa perubahan yang terjadi. Adanya Gudang akan menjadi alternative dalam penyediaan persediaan barang jika dibutuhkan suatu hari nanti.

Sutu perusahaan perlu mempunyai manajemen Gudang. Manajemen Gudang yaitu proses pengenadlian segala hal yang terdapat di dalam Gudang. Dalam manajemen Gudang diperlukan adanya warehouse software atau software warehaouse. Software ini berperan sebagai tool otomatis yang dapat digunakan untuk membantu manajemen Gudang dengan lebih efektif.

Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari software ini yaitu dapat menjaga semua kegiatan keluar masuknya barang yang ada di dalam Gudang agar lebih terorganisir. Selain itu juga dapat mendokumentasikan keluar masuk barang sehingga akan mempermudah pihak perusahan untuk mengecek secara berkala.