Surat pemberitahuan atau SPT merupakan surat yang digunakan untuk laporan pajak yang disamapaikan kepada pemerintah. SPT sudah ditetapkan dalam Undang Undang tentang tata cara perpajakan dan tentang segala ketentuan umum dalam  perpajakan. Sebagai warga negara yang baik membayar pajak adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua warga negara. Jika anda membayar pajak secara tepat waktu maka anda adalah sesorang yang taat hukum.

Pajak yang didapatkan dari semua warga negara nantinya juga akan digunakan untuk kesejahteraan warga negara dan sebagai dana untuk membangun segala infrastruktur yang ada di negara Indonesia. namun terkadang masih banyak para warga yang tidak membayar pajak, dengan berbagai faktor penyebabnya.

SPT adalah bentuk penunjang kelancaran saat pembayaran pajak, adapun manfaat SPT diantaranya

  • Melaporkan bukti pelunasan dari pembayaran pajak yang sudah dilakukan, SPT adalah surat pemberituan yang dibuat untuk melaporkan bentuk pembayaran pajak kepada pemerintah Indonesia.

Dengan perkembangan teknologi maka SPT diciptakan secara online, adapun keunggulan SPT onlone diantaranya adalah

  • Waktu dan biaya lebih efesien, anda tidak perlu datang ke kantor pajak. Anda cukup melakukan secara daring dan tanpa harus antri di kantor pajak. Dan hal ini akan membuat anda lebih mudah saat ingin membayar pajak.
  • Akurat dan aman. Jika menggunakan SPT online maka akan terjamin ketepatan data dan membuat data yang dikirimkan lebih akurat. Jadi tidak perlu khawatir ada kesalahan saat pengisian data karena system online sudah sangat akurat. Untuk keamanan data juga sangat terjamin, karena data yang anda kirimkan akantersampaikan tanpa melalui perantara dan akan langsung terkirim, hal ini membuat kerahasiaan data sangat terjamin.
  • Murah dan cepat

Saat melaporkan data SPT dengan system online maka anda tidakmembutuhkan uang untuk transportasi menuju kantor pajak. Yang perlu anda lakukan hanyalah sebuah internet yang berfungsi untuk melancarkan proses pengiriman data SPT secara online.

  • Dapat dilakukan dimanapun

Saat membuat data SPT online anda juga bisa membuat data dimanapun anda berada. Hal ini bisa anda lakukan meskipun anda sedang berpergian, maka system SPT online bisa anda lakukan agar tetap bisa mengirim surat pemberitahuan sebagai bukti pelunasan pembayaran pajak yang sudah anda lakukan.

Jenis-jenis SPT diantaranya

  • SPT tahunan dan
  • SPT masa

1. SPT tahunan

SPT tahunan merupakan laporan pajak yang wajib disampaikan selama satu tahun sekali, baik oleh wajib pajak badan maupun wajib pajak pribadi, menyangkut tentang pajak pembayaran penghasilan ataupun pajak pembaran non penghasilan. Pajak ini dilakukan dalan hitungan setahun hanya sekali saja. SPT tahunan wajib pajak pribadi dibagi menjadi 3 yaitu SPT tahunan orang pribadi 1770, STP tahunan orang pribadi 1770 S, dan SPT tahunan orang pribadi 1770 SS. Sedangkan SPT tahunan wajib pajak badan hanya memiliki 1 jenis yaitu SPT tahunan badan 1771. Untuk batas pelaporan SPT pribadi dilakukan 3 bulan semenjak masa pajak. Sedangkan SPT tahunan wajib badan dilakukan maksimal 4 bulan sejak masa pajak berakhir.

2. SPT Masa

SPT Masa adalah SPT yang dibuat untuk melaporkan pajak yang dipotong atau pajak yang dipungut dari pihak lain. setiap jenis mempunyai waktu lapor SPT masa yang berbeda, karena SPT Masa mempunyai berbagai jenis diantaranya, SPT Masa PPh 21, SPT Masa PPh 22, SPT Masa pasal 23, pasal 26, pasal 4 ayat (2), dan SPT Masa PPn.