Secara Garis besar Proses pengolahan air limbah IPAL dibedakan menjadi beberapa kategori di dalamnya. Yaitu

PENGOLAHAN LIMBAH MEDIS

Yang masuk didalam kategori Pengolahan limbah medis yaitu. Semua limbah cair hasil kesibukan medis. Diantaranya Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik dan lain lainnya. Sistem pengolahan air limbah IPAL.

Rumah Sakit, Limbah Puskesmas, Limbah Klinik, Limbah Rumah Bersalin, Limbah Laboratorium,Limbah Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat Lainnya. Sebelum dibuang ke badan air penerima. Terlebih dahulu mesti diolah didalam suatu sistem pengolahan air limbah menggunakan Flow Meter Air Limbah.

 

PENGOLAHAN LIMBAH DOMESTIK

Fasilitas atau bangunan yang masuk didalam kategori ini yakni limbah cair yang berasal berasal dari Perumahan. Hotel, Apartemant dan Saluran Perkotaan. 

sumber air limbah domestik beberapa besar berasal berasal dari Limbah Rumah Tangga, Limbah Restoran, Limbah Rumah Toko, Limbah Rumah Kantor, Limbah Apartemen. Limbah Hotel, Limbah Gedung Kantor, Limbah Gedung Pemerintah, Limbah Balai Pertemuan, Limbah Gedung Lainnya Yang Banyak Aktifitas Orang.

Sistem Ipal rumah tangga ini biasa disebut bersama Ipal Domestik, namun untuk sistem Ipal Perkotaan sendiri. yang melayani cakupak debit air limbah memadai besar. seluruh pengolahan limbah di konsentrasikan didalam satu titik terpusat. yakni Ipal Komunal.

Ipal Komunal bukan hanya di aplikasikan untuk limbah perkotaan juga. tapi di beberapa kecamatan, dimana terjadi susah didalam pengelolaan lingkungan. Sistem ipal komunal inilah yang manjur untuk diterapkan. Sebagai Solusi penanganan limbah cair domestik atau limbah rumah tangga.

Sistem Ipal Domestik biasa disebut bersama STP ( Sewage Treatment Plant ). di pasaran udah banyak beredar Produk STP yang dapat diaplikasikan untuk berbagai macam kebutuhan. Seperti STP Biotek Bebentuk Tangki Biotek Fiberglass untuk Ipal Domestik. dan STP Gedung yang umumnya sebagai IpaL Bangunan Gedung Maupun Ipal Komunal.

 

PENGOLAHAN LIMBAH INDUSTRI

sistem Ipal yang diperuntukkan untuk pengolahan limbah cair hasil buangan industri. Metode ini biasa disebut bersama WWTP. Singkatan berasal dari Waste Water Treatment Plant. Sistem Ipal Industri diterapkan dan mesti dimiliki oleh setiap badan bisnis atau pabrik pabrik non kawasan industri.

Untuk di kawasan Industri. Air Limbah akan dikelola dan di olah didalam Sistem Ipal Terpadu. Akan tapi parameter influent berasal dari Ipal Terpadu kawasan industri ini umumnya udah ditetapkan. Khusus untuk Pabrik yang miliki limbah cair bersama parameter diatas kriteria.

Sebelum dibuang ke saluran limbah terlebih dahulu mesti diolah di sistem Ipal Pabrik internal. sampai effluent limbah cairnya mencukupi persyaratan standart pembuangan masuk ipal terpadu kawasan industri.

Sistem Pengolahan Ipal Pabrik menggunakan metode yang berbeda beda. Pemilihan serta penerapan metode yang dipakai berdasarkan berasal dari kegunaan dan kegunaan berasal dari ipal tersebut.

Pengukuran debit air limbah serta karakteristik air limbah. menjadi acuan mutlak didalam pilih perhitungan kapasitas dan metode pengolahan Ipal Industri yang akan diterapkan.

 

PENGOLAHAN LIMBAH PERTANIAN DAN PETERNAKAN

Untuk Limbah cair berasal dari hasil pertanian dan peternakan. Umumnya sistem Ipal diterapkan bersama menggunakan Teknologi An Aerobic. Karena parameter organik berasal dari limbah cair ini memadai tinggi.

Selain itu Penggunaan tehnik An Aerobic terhitung dapat beroleh benefit lain berasal dari Ipal ini. Yaitu beroleh Biogas yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan.

berasal dari sistem pengolahan An Aerobic air limbah senantiasa dilanjutkan bersama sistem Ipal bersama metode biologi Aerobic. Untuk beroleh reduksi organik yang prima dan hasil olahan air yang berkualitas.