DINAS Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hulu menyebutkan, pengelolaan limbah cair pabrik kelapa sawit (PKS) PT Rohul Sawit Industri (RSI) yang beroperasi di Kecamatan Ujung Batu, dijadikan pilot project oleh perusahaan PKS yang beroperasi di Rohul di dalam pengelolaan limbah.

Pasalnya, perusahaan tersebut komit di dalam mengelolan limbah cairnya sesuai bersama dengan dokumen lingkungan dengan menggunakan flow meter air limbah. Pernyataan tersebut diungkapkan Kepala DLH Kabupaten Rohul Drs Hen Irpan MSi lewat Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan rimba Asdinoper, Senin (8/10) usai melakukan pengawasan teratur pengelolaan limbah cair di PKS PT RSI yang beroperasi di Kecamatan Ujung Batu pekan lalu.

Menurutnya, kala ini kolam Ipal yang th. lalu sempat meluber dikarenakan tingginya intensites hujan, tanggung Ipal telah ditinggikan.

Dimana rembesan limbah cair di bawah tanggung sekarang dijadikan kolam pancing oleh perusahaan. Saat ini di kolam Ipal telah dipasang pompa untuk menarik sisa air cucian pabrik ke di dalam Ipal.

Dari pengawasan teratur kami ke PKS PT RSI, kala ini pengelolaan limbahnya telah baik sesuai bersama dengan dokumen lingkungan, yang kami dijadikan sebagai pilot project bagi perusahaan lain di dalam pengelolaan limbah cairnya jelasnya. Disebutkannya, kala ini pihak perusahaan sedang membangun pengelolaan pupuk kompos.

Kita berharap pengawasan limbah cair oleh PKS PT RSI terus ditingkatkan. Jangan sampai terjadi kembali tanggul Ipal yang jebol, dikarenakan tingginya curah hujan.

Perlu menuntuk karyawan yang spesifik mengawasi pengawasan limbah cair, ujarnya. Dia mengaku telah memandang pembuatan land aplikasi yang menyalurkan limbah cair ke kebun kelapa sawit punya masyarakat, dan itu dijadikan sebagai pupuk Selain PKS PT RSI, tambahnya, Dinas LH Rohul terhitung melakukan pengawasan teratur pada pengelolaan limbah cair PKS yang beroperasi di Rohul