Salah satu genre buku paling laris di pasaran adalah jenis keagamaan termasuk Islam. Oleh karenanya penerbit buku Islam terpercaya semakin bertambah banyak.  Jadi bagi Anda yang tertarik meluncurkan buku di bidang ini jangan takut. Sudah banyak tempat untuk menyalurkan karya-karya tersebut.

Hal yang Harus Diperhatikan agar Naskah Diterima Penerbit Buku Islam Terpercaya

Menulis buku Islam nyatanya tidak segampang kelihatannya. Anda diharuskan mengemas semuanya menjadi sebuah pembahasan yang tidak membosankan. Apalagi jika ternyata membuat cerita Islam untuk anak-anak. Butuh banyak pertimbangan dan juga riset, seperti poin-poin di bawah ini :

  1.     Perhatikan Pemilihan Tema yang Tepat

Hal pertama harus di perhatikan dengan sungguh-sungguh adalah pemilihan tema. Pilihlah yang ringan dan mudah dipahami namun masih tetap dalam pembahasan agama Islam. Anda bisa membuat sebuah cerita dengan perumpamaan binatang atau tumbuhan saling komunikasi satu sama lain.

Kembangkan menjadi sebuah ide cerita variatif, kreatif. Posisikan diri Anda sebagai anak-anak agar bisa handle ketika cerita sudah mulai keluar dari topik. Selipkan pula nasihat dengan beberapa dalil. Kemudian juga ringkasan rangkuman agar mereka semakin paham mengenai topic atau tema yang sudah dibaca tadi.

  1.     Buat Alur Cerita Secara Sederhana

Penerbit buku biasanya selalu berpesan pada penulis agar membuat ceritanya dengan alur sederhana saja. Jangan dikombinasikan maju-mundur. Hal tersebut bisa menghambat pemahaman anak-anak. Sebaiknya cukup pakai satu saja yakni maju terus, sampai berada di akhir cerita.

Dalam buku Islam apalagi dengan konteks cerita untuk anak-anak biasanya memang hanya dibuat satu jalur saja yakni maju. Karena tujuannya adalah membuat anak mudah paham dengan materi yang disampaikan. Jadi jangan sampai mereka justru bingung dan tidak bisa mengambil pesan dari buku tersebut.

  1.     Pemilihan Diksi pada Cerita

Umumnya orang akan banyak membuat cerita Islam dengan diksi rumit dan kalimat panjang. Tapi jangan lakukan hal tersebut untuk buku anak-anak. Sebaliknya Anda harus berikan bahasa yang mudah dipahami oleh mereka. Agar tidak mudah bosan dan selalu antusias membacanya kembali.

Sampai sini saja penjelasan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan agar penerbit buku Islam terpercaya tertarik bekerja sama dengan Anda. Selamat mencoba.