Pendidikan Karakter Dasar Di Indonesia

Pendidikan Pembentukan Karakter – Penyelenggaraan pendidikan karakter di Indonesia tidak terlepas dari landasan yang memiliki tujuan memiliki jati diri yang kuat dan tidak menyimpang. Dalam beberapa literatur yang ada, pendidikan karakter di Indonesia didasarkan pada 9 pilar dasar:

  1. Pembentukan Karaktercinta kepada Tuhan Yang Maha Esa, alam semesta dan isinya.
  2. Bertanggung jawab, mandiri dan disiplin.
  3. Sifat jujur.
  4. Rasa hormat dan sopan santun terhadap orang lain.
  5. Saling menjaga, memberi kasih sayang dan kerjasama.
  6. Bekerja keras, percaya pada diri sendiri dan tidak pernah menyerah.
  7. Kepemimpinan dan keadilan.
  8. Rendah hati dan baik kepada orang lain.
  9. Cinta damai, toleransi dan perasaan lembut.

Adapun landasan yang digunakan dalam pelaksanaan dan pengembangan pendidikan karakter di Indonesia didasarkan pada:

Pancasila

Prinsip-prinsip bangsa Indonesia tidak dapat dipisahkan dari nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan menjadi pedoman dalam menjalankan pemerintahan. Pancasila harus dijadikan sebagai pandangan hidup bangsa dengan harapan mempersatukan bangsa.

Agama

Di Indonesia terdapat berbagai macam agama yang dianut dan dalam penerapan pendidikan karakter harus sesuai dengan nilai-nilai ajaran masing-masing agama. Pendidikan karakter tidak boleh menyimpang dari apa yang diajarkan oleh agama dan memiliki peran penting dalam pendidikan anak usia dini.

Budaya

Seni dan budaya di Indonesia sangat beragam dan masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Kebudayaan dapat dijadikan sebagai sumber nilai dalam pendidikan karakter untuk mempelajari dan menghargai setiap kebudayaan yang ada di setiap daerah.

Selain itu, juga dimaksudkan agar generasi penerus tetap melestarikan seni dan budaya yang sudah ada sejak zaman dahulu. Demikianlah ulasan tentang pendidikan pembentukan karakter semoga bermangfaat.

Sumber : wartaoce.com

Baca juga :berita trending saat ini