Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta tingkatkan kapasitas generator untuk tingkatkan memproduksi oksigen di Rumah Sakit Umum Daerah Saptosari, yang diproyeksikan sebagai rumah sakit rujukan utama pasien COVID-19 di lokasi ini.

 

 

Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty mengatakan, kala ini di dalam sistem persiapan menambahkan generator oksigen yang diperkirakan dapat difungsikan dua pekan ke depan.

 

 

Rekomendasi untuk anda : Toko keramik murah surabaya

 

 

Dengan peningkatan kapasitas, generator oksigen ini dapat memproduksi oksigen 20 sampai 30 tabung tiap-tiap hari.

Harapannya dapat mencukupi keperluan oksigen dari RSUD Saptosari dan RSUD Wonosari yang mengalami kesusahan oksigen. “Selain itu, terhitung dapat menyuplai ke rumah sakit swasta lainnya.

Ia menyatakan kala ini kasus utama rumah sakit rujukan pasien COVID-19 adalah ketersediaan oksigen. Hal ini dikarenakan di DIY tidak tersedia pabrik yang memproduksi oksigen dan mesti mendatangkan dari Jawa Tengah.

Untuk mengatasi kekurangan oksigen, tidak benar satu cara yang dapat dikerjakan oleh Pemkab Gunung Kidul adalah peningkatan kapasitas alat memproduksi oksigen agar lebih maksimal.

 

 

Dengan adanya peningkatan generator oksigen ini, keperluan oksigen di RSUD Saptosari dapat terpenuhi dan dapat menjaga pasien terkonfirmasi COVID-19 lebih banyak.

Lebih lanjut, Dewi menyatakan kala ini pihaknya terhitung buat persiapan penggunaan gedung lantai II RSUD Saptosari dan melengkapi peralatan penunjang medis, perawatan bagi pasien COVID-19 ibu hamil, dan juga bayi prematur, yaitu Bangsal Yudistira.

“Saat ini tengah dipersiapkan segala keperluan perlengkapan medisnya agar dapat langsung dimanfaatkan,” katanya.

Sementara itu, Bupati Gunung Kidul Sunaryanta menyatakan cara cepat Dinas Kesehatan tingkatkan kapasitas generator oksigen di RSUD Saptosari benar-benar tepat.

Saat ini penanganan pasien terkonfirmasi COVID-19 di tiap-tiap rumah sakit butuh oksigen banyak, tapi tersedia rintangan di dalam pemasokan oksigen.

“Semoga generator oksigen RSUD Saptosari ini langsung dapat difungsikan dan keperluan oksigen untuk penanganan pasien COVID-19 dapat diatasi,” harapnya.