source gambar : idntimes.com

Dalam dunia medis pernahkah anda mendengar nama obat yang mengandung metformin didalamnya ? Metformin merupakan obat yang biasa digunakan untuk menurunkan kadar gula darah pada seseorang yang menderita diabetes tipe 2.

Biasanya selain diberikan obat ini oenderita diabetes disarankan juga untuk melakukan olahraga rutin dan juga memakan makanan dengan gizi yang seimbang.

Cara kerja metformin pada para penderita diabetes yaitu bekerja dengan cara meningkatkan aktifitas kerja dan aktifitas hormone insulin dalam darah.

Nantinya dari situ obat metformin yang di konsumsi akan menurunkan kadar gula darah yang ada didalam hati serta menurunkan penyerapan gula yang ada dalam usus. Dengan demikian maka kadar gula yang ada dalam darah akan menurun.

Biasanya dalam pengobatan penyakit diabetes tipe 2 ini pasien hanya aka diberikan obat metformin saja. Pemberian kombinasi obat yang lain hanya akan diberikan jika pasien memiliki keluhan atau komplikasi penyakit lainnya. Selain bisa digunakan sebagai obat penyakit diabetes ternyata metformin juga bisa digunakan sebagai obat penyakit PCOS.

Obat metformin ini bukan merupakan obat yang diperjualkan secara bebas, melainkan obat ini termasuk obat yang harus diserati dengan resep dokter. Biasanya penggunaan obat ini juga hanya disarankan diberikan kepada anak berusia diatas 10 tahun. Obat ini tida bisa sembarangan dikonsumsi karena memiliki aturan minum dan petunjuk khusus.

Sebelum mengkonsumsi obat Metformin ini sebaiknya anda juga mempertimbangkan hal – hal berikut ini :

  • Jika anda memiliki riwayat alergi maka anda harus melakukan konsultasi dengan dokter terkait sebelumnya.
  • Jika anda mengalami atau menderita gangguan ginjal akibat kecanduan alcohol, gagal hati, atau sedang mengkonsumsi obat – obatan keras lainnya. Maka anda tida disarankan untuk mengkonsumsi obat Metformin ini karena dapat memicu asidosis laktat.
  • Jika anda menderita gagal jantung kongestif, atau penyakit kelenjar adrenal, malnutrisi, dan penyakit infeksi lainnya maka anda harus memberi tahu dokter.
  • Jika anda baru menjalani operasi tertentu maka anda harus melakukan konsultasi terlebih dahulu.
  • Jika anda mengidap diabetes tipe 2 pun anda tidak direkomendasikan untuk mengkonsumsi obat metformin ini.
  • Beri tahu dokter jika anda juga mengkonsumsi obat – obatan herbal ataupun vitamin lain diluar obat yang diresepkan.
  • Beri tahu dokter jika anda sedang dalam kondisi hamil dan menyusui.
  • Hindari kegiatan yang memerlukan konsentrasi tinggi karena obat metformin ini dapat menimbulkan efek samping berupa hipoglikemia.
  • Stop konsumsi obat ini dan segera menghubungi dokter jika anda menglami overdosis, atau reaksi alergi obat lainnya.

Hal lain yang juga harus diperhatikan selain indikasi dari penggunaan obat metformin ini adalah cara pakai dan juga dosis yang benar untu mengkonsumsi obat ini. Berikut merupakan penjelasa mengani dosis penggunaan obat metformin ini.

  • Pada orang dewasa

Dosis awal untun mengkonsumsi obat ini yaitu 500 – 850 mg dan diminum 2 -3 dalam sehari.

Dosis maksimal untuk penggunaan obat ini adalah 2000 – 3000 mg dan diminum 3 kali dalam satu hari.

  • Pada anak – anak usia diatas 10 tahun

Dosis awal untuk mengkonsumsi obat ini yaitu 500 – 850 mg dalam satu kali minum dalam sehari dan dosis dinaikan secara bertahap tergantung kepada kondisi anak.

Dosis maksimal penggunaan obat ini yaitu 2000 mg dalam sehari dibagi menjadi 2 – 3 kali pemberian.

Dosis yang diberikan oleh dokter tidak boleh dikurangi atau dilebihkan karena itu dapat mempengaruhi proses penyembuhan.