Sebuah rumah akan sangat kurang lengkap tanpa ada nya furniture didalamnya, furniture sendiri bisa menjadi seni yang bisa mempercantik rumah anda. Salah satu furniture yang sudah terkenal di Indonesia adalah mebel jepara. Dimana, mebel furniture jepara ini sudah terkenal akan terkenal akan kualitasnya. Bahan, material yang digunakan dalam furniture ini adalah kayu jati. Pasalnya, mebel jati jepara ini di percaya sangat awet, tahan terhadap serangan rayap, suhu. Sehingga, mampu bertahan sampai puluhan tahun. Mebel asli jepara selalu di bandrol dengan harga yang cukup tinggi karena kualitas yang dimilikinya pun sudah tidak perlu di ragukan lagi.

Kayu jati yang digunakan untuk pembuatan mebel jepara ini banyak sekali macamnya. Ada kayu jati perhutani, kayu jati emas, kayu jati rakyat. Dimana, ketiga dari kayu jati tersebut pun memiliki kelebihannya masing-masing dan kualitas dari grade nya pun berbeda-beda. Maka, sangat penting sekali bagi anda untuk membuat pertimbangan yang mengenai jenis kayu jatinya. Pada proses pembuatan mebel klasik jepara ini pun ada proses finishing, hal ini pun harus diketahui oleh anda sebelum membeli mebel jepara ini.

Jenis-Jenis Finishing Pada Mebel Jepara

Pemilihan jenis finishing pada mebel furniture jepara perlu dipertimbangkan dengan baik juga. Karena, terdapat banyak sekali jenis finishing yang dapat digunakan untuk melapisi mebel jepara pesanan dari konsumen tersebut. Mulai dari harganya yang terjangkau sampai harganya yang mahal. Maka, inilah jenis-jenis finishing yang sering digunakan sebagai berikut :

  • Pernis

Pernis adalah salah satu jenis finishing pada mebel asli jepara ini untuk melapisi mebel tersebut. Harganya cukup terjangkau dan banyak diminati juga oleh pembeli. Selain itu, finishing ini proses pengerjaannya sangat mudah sekali sangat cocok untuk pengrajin pemula.

  • Politure

Politure ini terbuat dari shellac yang nantinya harus dicairkan terlebih dahulu menggunakan spirtus atau alkohol. Untuk penggunaannya bisa menggunakan cara manual atau spry gun. Pengaplikasianya tentu saja sangat gampang untuk dilakukan. Siapa saja bisa mengaplikasikan proses finishing yang satu ini.

  • Melamine

Finishing melamine ini tergolong cukup mahal harganya. Meskipun begitu, peminatnya sangat banyak sekali. Hal ini, karena jenis melamine sangat indah sekali. Jenis ini selalu laris dipasaran. Kualitas hasil yang didapatkan juga tentu saja sangat bagus sekali untuk proses finishing tersebut.

  • Cat Bakaran

Untuk menggunakan jenis finishing cat bakaran ini dengan menyemburkan api pada permukaan kayu menggunakan alat penyembur api. Setelah itu, harus di sikat serta dibilas menggunakan air sampai debu nya bisa menghilang. Setelah kering bisa dilanjutkan dengan diberikan warna untuk mengisi pori-pori kayu.

Untuk mendapatkan hasil terbaik memang ada beberapa proses dan tahapan akhir pengerjaan furniture tersebut. Dengan proses finishing yang dilakukan tepat pasti hasilnya juga akan lebih bagus. Pemilihan cat dan juga caea pengaplikasiannya memang harus dilakukan dengan benar. Hal ini supaya hasil akhirnya akan memberikan sebuah kesan yang bagus dan elegan untuk furniture jepara yang Anda buat.

Itulah beberpaa jenis finishing pada mebel jepara, sebelum membeli harus tahu jenis-jenis finishingnya agar tahu harga yang harus di keluarkan oleh anda dan tidak kelebihan budget. Jangan sampai salah memilih finishing malah tidak sesuai dengan budget yang anda miliki. Pastikan paham terlebih dahulu cara membuat dan menghasilkan sebuah kerajinan mebel jepara dengan hasil terbaik dan berkualitas.