Fire alarm bisa dikatakan seperti sebuah sistem penanda bahaya apabila muncul potensi kebakaran dengan memonitor perubahan lingkungan yang terkait dengan pembakaran. Ringkasnya adalah dengan mengeluarkan sinyal berupa suara alarm dan indikasi lampu menyala apabila detektor menemukan beberapa tanda kebakaran, misalnya seperti asap, gas, maupun panas.

Kalau sudah memasang fire alarm pasti punya tujuan. Yakni untuk mendeteksi secara dini terhadap kebakaran dan memberitahu orang-orang di sekitar agar bisa segera melakukan evakuasi darurat. Umumnya fire alarm bisa diaktifkan secara otomatis (lewat detector) atau secara manual (Manual Call Point).

Jika kamu hendak menggunakannnya, ada patutnya kamu haru tahu jenis dan harga fire alarm. Nah, berdasarkan prinsip kerja, fire alarm dibagi menjadi 3, yakni konvensional, addressable dan semi addressable.

  • Konvensional

Yang pertama untuk konvensional, sistem ini bekerja secara paralel yang artinya detector yang dipasang memiliki titik awal dan akhir. Semua sistem dari awal hingga akhir itu disebut dengan zona dan tiap zona memiliki detector. Jika detector mendeteksi kebakaran, maka akan muncul sinyal peringatan berupa alarm.

Harga fire alarm konvensional ini tergantung panel yang diminta. Kisaran sampai Rp 10 juta.

  • Addressable

Kemudian untuk yang kedua adalah tipe addressable. Fire alarm yang ini sistem perangkatnya langsung terhubung ke control panel yang punya address sendiri pada detector. Jadi apabila muncul potensi kebakaran sistem akan langsung membunyikan alarm dan sinyal lampu detektor.

Addressable punya kelebihan mudah mencari lokasi kebakaran secara akurat sehingga tahu jalur evakuasi yang tepat. Harga fire alarm jenis ini bisa mencapai Rp 15 sampai Rp 20-an juta.

  • Semi Addressable

Sampai pada yang terakhir yakni semi addressable. Perangkat ini bisa dikatakan kolaborasi antara konvensional dan addressable. Yakni menggunakan control panel sistem addressable dan perangkat input/output dari konvensional.

https://mabruka.co.id/blog/2020/04/15/instalasi-fire-alarm/

Kelebihannya, dengan semi addressable Anda dapat menjangkau lebih banyak detector dengan pakai panel konvensional yang punya keterbatasan pada masing-masing zonanya. Harga fire alarm jenis ini bekisar Rp 15 sampai 20 juta.

Sejauh ini semakin banyak yang menjual fire alarm. Namun dengan begitu tentu tidak semuanya punya kualitas yang baik dan terpercaya. Maka sebelum memilih pastikan dulu dengan cermat ya.