nft adalah

Sebenarnya apa itu NFT

Sulit kita lupakan, kehebohan yang disebabkan oleh seorang pemuda misterius bernama  Ghozali. Soalnya, ia berhasil mendapatkan uang dari internet hanya dengan modal foto selfi saja.

Kabarnya Ghozali mendapatkan  uang hingga miliaran rupiah.

Sejak boomingnya berita tentang Gozari, ada istilah baru yang bertebaran di social media dan mesin pencari. Istilah itu adalah NFT.

Ia menjadi bahan pembicaraan banyak orang. Di Kafe dan tempat kuliahan,  ada yang mengerti apa itu NFT, tapi banyak juga yang sekedar mengangguk-angguk seolah-olah paham.

Mungkin karena NFT memang adalah istilah yang baru. Atau mereka yang menjelaskannya terlalu ribet dalam menjelaskan apa itu NFT.

Nah, pada kesempatan ini kami mau coba menambah referensi teman-teman terkait dengan NFT. Kita akan bahas apa itu NFT dan apa saja fakta-fakta terbaru terkait NFT ini.

Mari kita bahas sama-sama.

Pengertian NFT

NFT adalah akronim dari Non-fungible tokens, merupakan produk investasi turunan dari kripto yang berbentuk digital dan biasanya digunakan secara digital.

Untuk penjelasan yang lebih sederhana dan mudah dipahami, anda bisa mengunjungi pintu.co.id. Terus terang saya lebih mudah paham saat membaca disana.

Walaupun NFT tergolong baru (tahun 2014), tapi ternyata peminatnya cukup banyak. Terutama Indonesia, apalagi sejak booming Ghozali membuatnya sangat popular.

NFT selalu menjadi bahan perbincangan banyak orang.

Fakta-Fakta Seputar NFT

Nah, sekarang kita mau bahas apa saja fakta-fakta terbaru seputar NFT ini, semoga saja informasi ini berguna bagi kita semua.

NFT lebih Unik

Ya. Banyak yang klaim bahwa NFT itu lebih unik. Sangat berbeda dengan Cryptocurrency lainnya, utamanya bitcoin. Karena memang NFT menjadikan Ethereum sebagai acuan, ERC-721.

Dan setiap NFT yang dicetak merupakan asset unik yang dapat kita verifikasi dengan nilai sebanyak seseorang mau membayarnya.

NFT Real Estate dan Tanah Virtual

Real Estat Virtual ada di ruang NFT dan ini adalah pasar yang sangat besar, di mana banyak kolektor NFT mendapat untung jutaan Dolar hanya dengan berinvestasi di Real Estate Virtual.

Di dunia maya ini, Anda dapat membeli rumah Anda sendiri dan tinggal di Metaverse, atau Anda dapat membeli tanah dan membangun rumah Anda sendiri.

Fakta bahwa tanah di Metaverse langka. Berikut adalah beberapa proyek NFT yang sepenuhnya didasarkan pada Real Estat Virtual dan Membeli tanah Virtual di Metaverse.

  • Decentraland – https://decentraland.org/
  • The Sandbox – https://www.sandbox.game/en/

Sebagian besar NFT ada di Ethereum

Walaupun jaringan blockchain lain digunakan untuk mencetak NFT, namun yang paling populer tetaplah Ethereum.

Sementara Ethereum mendukung token yang dapat dipertukarkan seperti ETH, itu berbeda dari blockchain seperti Bitcoin karena mendukung non-fungible, menyimpan informasi tambahan tentang token.

Sementara jaringan lain seperti Enjin dapat menerapkan standar token mereka sendiri seperti ERC-1155, sebagian besar masih mengandalkan Ethereum sebagai jaringan dasarnya.

Berinvestasi di NFT adalah peluang yang menguntungkan

Investor berbondong-bondong ke ruang NFT untuk mengambil bagian dalam demam emas digital. Dengan NFT seperti Cryptopunk #7523 terapresiasi nilainya sebesar 71.000% dari $1646 menjadi $ 11,8 juta selama beberapa tahun.

Dengan ruang yang masih dalam masa pertumbuhan, peluang untuk berinvestasi masih berlimpah. Pada Juni 2021, misalnya, seni generatif, Fidenza #313 , dijual seharga 0,58 ETH ($ 1.400). Dua bulan kemudian, itu dijual seharga 1.000 ETH ($ 3,3 juta.)

Sebenarnya masih banyak fakta-fakta menarik lainnya seputar NFT. Bahkan berita seputar Ghozali salah sudah membuat satu Negara kita menjadi heboh.