Kipas angin merupakan alat elektronik yang paling sering kita andalkan khususnya di cuaca yang panas. Apalagi bagi mereka yang memiliki rumah yang panas, kipas angin menjadi benda yang plaing diandalkan. Namun sayangnnya kipas angin menjadi salah satu alat rumah tangga yang paling sering mengalami kerusakan selain remot dan AC tentunya. Namun pernahkah anda berpikir mengapa kipas angin sangat sering mengalami kerusakan? Berikut ini akan kami jelaskan alasan mengapa kipas angin dan kipas blower sering mengalai keruskan. Diharapkan anda jadi mengetahui apa saja penyebab masalah kerusakan kipas angin anda dan dapat mencegahnya nantinya.

  1. Kotor

Jika anda menempatkan kipas angin di kamar, biasanya masalah yang muncul adala kotoran yang menempel di bagian baling baling sering tersankut oleh kapas yang tak kasat mata yang lama kelamaan akan memenuhi bagian mesin kipas angin. Apalagi jika kipas angin meja. Jadi sebaiknya selalu bersihkan kipas angin anda setiap minggu untuk kipas angin lantai, kipas angin meja, kipas angin berdiri dan kipas angin dinding. Untuk kipas angin gantung biasanya perawatan bisa lebih jarang. Bersihkanlah dengan kain atau tisu. Jangan gunakan benda basah untuk membersihkannya karena akan menyebabkan korsleting listrik yang parah dan menimbulkan karat.

  1. Jatuh

Ini sering dialami oleh kipas angin meja. Karena kipas angin ini mengambil “lahan” meja dan sering mengganggu dekorasi dan membuat meja tampak penuh. Karena mudah tergeser, ringan dan memiliki kabel yang pendek, kipas angin ini akan mudah rusak hanya dengan sekali jatuh saja. Jadi berhati-hatilah saat memindahkan beda atau mengubah posisi duduk benda-benda di meja.

  1. Komponen kurang bagus

Masalah kipas angin bisa terjadi karena komponen kipas angin menggunakan komponen yang mudah rusak. Memang sangat menyebalkan saat anda rajin membersihkan kipas angin namun nasib berkata lain, kipas angin anda tetap saja rusak. Maka gunakan merek yang sudah terkenal karena merek terkenal akan mengedepankan kekuatan meskipun dengan mematok harga yang lebih tinggi.