Masalah pada cctv.

Di zaman yang modern ini, banyak sekali orang yang membutuhkan CCTV untuk meningkatkan keamanan rumah. Karena dengan adanya CCTV di rumah, membuat kita semakin tenang dan merasa aman, karena bisa memantau kejadian apa saja yang terjadi di rumah kita. Jika kamu ingin membeli CCTV bisa ke tempat terdekat seperti CCTV Cilacap. Tapi sebelum kamu membeli, kenali dulu keruskan apa saja yang terjadi pada CCTV jika digunakan terlalu lama. Inilah masalah yang terjadi pada CCTV dan cara mengatasinya.

1.Adaptor atau Power SupplyMati

Power supply adalah sumber listrik kamera CCTV. Jadi, jika power supply rusak atau mati, tentu saja CCTV juga akan mati. Kamu bisa gunakan alat avometer terlebih dahulu untuk mengecek kondisinya. Jika adaptor memang mati, gantilah dengan yang baru.

2.Kamera CCTV Rusak atau Mati

Saat kamera CCTV rusak, maka gambar dari DVR menuju monitor juga otomatis akan mati, sehingga tidak ada rekaman yang tersimpan. Namun, apabila fitur infra merah pada CCTV masih hidup, maka yang rusak hanyalah kameranya saja. Solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan membawanya ke tukang servis agar dapat dicek dan diperbaiki.

3.DVR Rusak atau Mati

Alat ini merupakan bagian yang penting dari CCTV. Jika DVR tak berfungsi dengan baik, maka sistem CCTV juga tidak akan berjalan dengan baik. Bila DVR sudah mati, segera bawa ke tempat servis untuk memperbaikinya. Jika ada budget lebih, kamu bisa menggantinya dengan yang lebih baru.

4.Port Konektor Rusak

Jika kamu sudah mengecek adaptor, kamera, DVR, dan ketiganya sudah tidak bermasalah, namun monitor tetap tidak ada gambarnya, cobalah untuk cek keadaan port konektor yang terdapat pada DVR. Pindahkan ke port lain yang masih berfungsi, jika CCTV berjalan seperti sedia kala, maka port konektornya yang rusak. Untuk sementara kamu bisa gunakan port lain tersebut, tapi ada baiknya kalau kamu menservis port konektor yang rusak agar bisa berjalan seperti sedia kala lagi.

5.Kabel CCTV Putus

Jika empat aspek di atas masih berjalan dengan normal semua, maka bisa jadi kesalahan terdapat pada kabel CCTV. Kabel bisa saja putus karena digigit tikus atau kualitasnya yang memang tidak bagus. Jika kabel sudah putus, belilah kabel baru untuk menggantinya.

6.No Video/Video Lost

Kerusakan yang sering terjadi dan sering kami temui di lapanngan. Indikasi error ini pada tampilan kotak CCTV yang menampilkan tulisan no video. Kerusakan ini terjadi akibat DVR tidak bisa menerima sinyal video dari kamera CCTV.

Penyebab tampilannya tuisan no video bisa bermacam-macam mulai dari koneksi kabel yang kurang bagus, Power Supply CCTV mati atau bisa saja kamera yang mengalami kerusakan.

Cara mengatasinya: Cek sambungan BNC, jika ada yang kendor silahkan kencangkan koneksinya. Cek adaptor/PSU Kamera CCTV. Seharusnya indicator Adaptor mati berarti harus diganti dengan yang baru.

7.Gambar Bergoyang

Indikasi pada masalah pada gambar CCTV yang bergoyang ini adalah terdapat garis vertical atau horizontal liar. Jelas ini terlihat aneh karena tampilan lainnya baik-baik saja misalnya. Penyebab Gambar bergoyang antara lain Power Supply tidak stabil, kabel CCTV berada dekat dengan kabel listrik tegangan tinggi, atau juga koneksi BNC yang kurang kencang.

Cara mengatasinya:

Usahakan kabel CCTV tidak berdekatan dengan kabel listrik. Kenapa? Karena kabel listrik memancarkan frekuensi tinggi yaqng bisa menyebabkan gambar CCTV menjadi tidak stabil.

8.DVR CCTV Offline

Fungsi CCTV adalah bisa dipantau lewat via handphone. Fungsi ini sudah tertanam di Sebagian besar merk DVR yang beredar di pasaran saat ini. Jika CCTV Offline anda bisa terlebih dahulu memperbaikinya sendiri sebelum memanggil jasa CCTV anda.

Cara mengatasinya:

Cek indicator LED pada Modem yang disediakan oleh ISP anda. Lihat apa ada indicator menyala merah. Jika iya berarti kondisi jaringan internet ISP anda sedang bermasalah. Hubungi CS ISP untuk memastikan kendala yang sedang anda alami.

9.CCTV Buram

Tampilan yang buram membuat kita tidak leluasa mengawasi apa yang direkam oleh kamera CCTV. Gangguan CCTV buram ini disebabkan oleh instalasi kabel coaxial yang terlalu panjang. Bisa juga disebabkan oleh kualitas kabel coaxial yang kurang baik. Gangguan CCTV buram juga dapat disebabkan lemahnya supply arus listrik ke kamera sehingga kinerja kamera menjadi tidak stabil.

10.CCTV Silau atau Backlight

Cahaya, seperti arah datangnya sinar matahari, lampu, atau tempat terpantulnya sinar. Hal tersebut membuat sensor pada kamera bermasalah hingga muncul gangguan backlight.