Tanaman Kumis – Kumis kucing (Orthosiphon aristatus) merupakan tumbuhan herbal yang banyak digunakan sebagai obat. Dikutip dari distan.jogjaprov.go.id/ kumis kucing diketahui berasal dari Afrika tropis yang kemudian menyebar ke Indonesia.

Tanaman kumis kucing sekarang cukup sulit di temukan terutama di perkotaan, pasalnya tanaman satu ini hidup pada habitas yang sejuk, dengan tanah lembab. Letak pemanfaatan tanaman kumis kucing ada pada bagian daun dan pucuk mudanya, dimana daunya direbus sebagai minuman teh. Bagian daun muda dan daun keringnya sama-sama berkhasiat dalam mengobati.

Manfaat Tanaman Kumis Kucing

Berikut beberapa manfaat dari tanaman kumis kucing untuk kesehatan tubuh yang harus kamu ketahui.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

Mengkonsumsi air rebusan daun kumis kucing dapat memberi manfaat berupa meningkatkan daya tahan tubuh kamu terhadap beberapa serangan penyakit, hal ini dikarenakan kumis kucing mengadung senyawa antioksidan yang terbilang tinggi.

2. Menurunkan Gula Darah.

Penumpukan gula didalam tubuh secara berlebihan justu hanya akan menimbulkan masalah dikemudian hari, hal ini karena gula darah yang berlebihan bisa memicu penyakit jantung, diabetes dan stroke. Salah satu cara yang harus kamu lakukan ialah mencegah naiknya gula darah lebih awal, kamu bisa memanfaatkan tanaman kumis kucing dalam mengontrol gula darah.

Cukup konsumsi sehari sekali jika kamu mempunyai riwayat gula darah tinggi.

3. Meredakan Nyeri Sendi.

Manfaat tanaman kumis kucing selanjutnya ialah mampu meredakan nyeri sendi. Adanya sifat antiiflamasi, antiradang serta antioksidan pada tanaman satu ini sehingga dapat menghentikan pembengkakan dan peradangan pada area pergelangan sendi.

Beberapa masalah seperti sakit pinggan, dan asam urat juga dapat dikurangi dengan meminum air rebusan dau kumis kucing.

4. Melancarkan Saluran Kencing.

Mengkonsumsi air rebusan daun kumis kucing dapat mempelancar buang air kecil dan mencegah beberapa masalah lain seperti infeksi kandung kemih dan batu ginja. Hal ini dikarenakan daun kumis kucing bersifat diuretik dan dapat mempercepat laju pembentukan urine.

Di satu sisi manfaat tanaman kumis kucing juga bisa mengatur keseimbagan cairan tubuh.

5. Mengatur Tekanan Darah.

Manfaat dari mengkonsumsi tanaman kumis kucing selanjutnya ialah dapat menstabilkan tekanan darah. Hal ini keterkaitan dengan organ ginjal juga, karena dengan sehatnya organ ginjal maka cairan metabolisme didalam tubuh menjadi seimbang.

Manfaat lainya ialah kumis kucing juga dapat melenturkan dinding pembuluh darah agar tekanan darah kembali normal.

6. Mengatasi Masalah Pencernaan.

Beberapa masalah pencernaan seperti sakit perut, diare dan sembelit, cobalah untuk mengkonsumsi air rebusan daun kumis kucing sebanyak 3 kali sehari.

Nan itulah beberapa manfaat dari tanaman kumis kucing untuk kesehatan, kamu bisa mendapatkan khasiatnya diatas dengan cara merebus daunnya, Gunakan tanaman obat disaat memang mebutuhkan, jika tubuh kamu dalam kondisi prima baiknya jangan terlalu sering mengkonsumsinya. Sumber : healty99