daun insulin untuk diabetes

Daun insulin dikatakan memiliki manfaat untuk diabetes. Sejauh mana sebenarnya manfaat dari daun insulin? Benarkah daun insulin akan membantu penyembuhan penderita diabetes? Berikut ulasan lebih lengkapnya mengutip dari deherba.com.

Apa Sebenarnya daun insulin?

Daun insulin sebenarnya merupakan daun dari tanaman yakon, sejenis tanaman perdu yang berasal dari kawasan tropis. Lazim tumbuh liar di kawasan subur dengan bunga nya yang berwarna kuning, mirip bunga daisy.

Tanaman ini mulai banyak diyakini sebagai terapi untuk penyakit diabetes sejak munculnya pembahasan mengenai topik ini dalam The Journal of Ethnopharmacology tahun 2001. Dalam pembahasan ini dijelaskan bahwa tanaman yakon tidak hanya bermanfaat daunnya. Umbinya pun mengandung kadar fruktooligosakarida (FOS) yang dapat bekerja sebagai pemanis pengganti gula yang juga baik untuk pencernaan dan anti kolesterol.

Pada Chemico -Biological Interactions tahun 2010 dijelaskan pula bagaimana daun insulin ini bekerja untuk membantu mengatasi diabetes. Membantu mengendalikan kadar gula dalam darah dan mencegah terjadinya hiperglikemia.

Bahkan menurut penjelasan jurnal tersebut, efek anti diabetes dari daun insulin atau daun yakon ini cukup kuat. Hingga pemberian yang berlebihan justru akan menyebabkan terjadinya hipoglikemia.

Bagaimana Sebenarnya Pengaruh Daun Insulin Untuk Diabetes?

Yang kemudian banyak ditanyakan adalah, bagaimana daun insulin ini bekerja pada pasien diabetes. Bagaimana pengaruh daun insulin untuk penderita diabetes? Sejauh ini belum ada gambaran cukup mendalam mengenai pengaruh daun insulin terhadap penderita diabetes.

Namun menurut Journal of Food Science tahun 2015, dalam daun insulin terkandung elemen anti oksidan yang dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan sensitivitas sel terhadap sinyal insulin. Mendorong proses pembentukan energi dari gula yang tersimpan dalam darah.

Rahasia Di Balik Daun Insulin

Menurut ulasan dari Universitas Airlangga diungkap komponen alami yang tersimpan dalam daun insulin. Di antaranya adalah flavonoid,  tannin, fenolik, chatecol, carotenoid, quercetin, terpenes,potasium dan beberapa jenis fitokimia lain. Ini merupakan unsur antioksidan yang baik untuk tubuh, termasuk membantu meningkatkan daya serap tubuh terhadap glukosa darah.

Terdapat pula komponen serat khas FOS yang terbukti baik untuk menurunkan daya serap tubuh terhadap gula dan pati. Ini menghambat terbentuknya endapan gula berlebihan dalam darah.

Dalam daun insulin juga ditemukan sejumlah komponen acid yang terbukti merupakan unsur anti diabetik. Sebagaimana dijelaskan dalam Pharmacognosy Reviews tahun 2020, terdapat komponen acid seperti rosmarinic acid, gallic acid, caffeic acid, protocatechuic acid p-coumaric acid, ferulic acid dan chlorogenic acid.

Unsur acid ini membantu proses metabolisme, meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin, membantu meningkatkan pembakaran dan memperbaiki kadar ph tubuh. Kadar ph yang normal akan meningkatkan kinerja tubuh dalam menyerap gula dalam darah dan membuangnya secara lebih efektif melalui mekanisme pembuangan.

Manfaat lain dari daun insulin untuk diabetes adalah efek anti inflamasi yang terkandung di dalamnya. Ini akan sangat bermanfaat untuk penderita diabetes, mengingat inflamasi atau peradangan menjadi salah satu momok untuk penderita diabetes.

Semakin tidak terkendali kadar gula darah, semakin rentan seseorang untuk mengalami peradangan. Bahkan kadang peradangan bisa berkembang menjadi abses akut yang sulit untuk diatasi. Terapi daun insulin akan sangat membantu menurunkan kecenderungan peradangan pada penderita diabetes.

Daun insulin juga ditemukan memiliki efek positif terhadap sistem endokrin. Ini membantu menormalkan kondisi hormonal yang biasanya turut berfluktuasi seiring perkembangan diabetes pada pasien. Sementara gangguan hormonal ini dapat menyebabkan masalah kesuburan, kesehatan reproduksi hingga masalah imunitas pada pasien diabetes.

Itulah gambaran bagaimana pengaruh daun insulin untuk diabetes. Konsumsi dalam dengan terbatas akan efektif membantu mengendalikan diabetes dan sejumlah efek sampingnya. Tetapi pastikan untuk mengawasi kadar gula Anda setelah mengonsumsi daun insulin untuk mencegah terjadinya hipoglikemia.