Manfaat Dari Kandungan Vitamin C Pada Jeruk

Manfaat Dari Kandungan Vitamin C Pada Jeruk – Jeruk merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C nya. Walaupun ada banyak buah-buahan yang tinggi akan kandungan vitamin C nya, namun jeruk lebih populer dan terkenal.

Vitamin C pada buah-buahan sangat dibutuhkan oleh tubuh, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sehingga menghambat risiko penuaan dini, perjalanan penyakit kanker, dan penyakit jantung.

Nah, untuk itu berikut beberapa Manfaat Dari Kandungan Vitamin C Pada Jeruk :

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jeruk memiliki vitamin C untuk dapat berguna untuk fungsi kekebalan tubuh, membantu menghasilkan kolagen, mengurangi peradangan, serta meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber bahan bakar, baik saat berolahraga maupun saat istirahat.

Kekurangan vitamin C dalam tubuh juga dapat disangkutkyan dengan naiknya kadar lemak tubuh. Selain itu vitamin C juga dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi, yang dapat meningkatkan ketersediaan oksigen dan mengurangi kelelahan.

Hal ini penting bagi perempuan yang kehilangan zat besi melalui menstruasi, dan mereka yang mengikuti diet nabati, karena zat besi kurang mudah diserap dari sumber nabati.

2. Mengurangi kolesterol jahat

Manfaat buah jeruk berikutnya yaitu dapat mengurangi penyerapan kolesterol jahat atau lemak jenuh dari makanan kedalam tubuh.

Tentunya hal ini akan berdampang kepada kurangyan kadar kolesterol dalam darah.

Disamping itu, kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah juga dapat berguna dalam mengoksidasi penumpukan plak kolesterol pada pembuluh darah.

3. Mengurangi Resistensi Insulin

Makanan yang mengandung gula dan lemak yang tinggi dapat menyebabkan radang di berbagai bagian tubuh.

Jika peradangan yang terjadi tidak ditangani, pada gilirannya kondisi ini dapat menyebabkan peningkatan resistensi insulin, di mana hal ini menjadi salah satu penyebab utama diabetes tipe 2 dan aterosklerosis.

Sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa jus jeruk dapat menghambat resistensi insulin dengan mengurangi peradangan.

Selain mencegah diabetes, manfaat buah jeruk juga menjaga kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

Baca juga : Manfaat daun kumis kucing

3. Memperbaiki Mood

Selain cokelat, jeruk juga bisa lo untuk memperbaiki mood yang sedang turun. Jeruk banyak mengandung folat yang berperan dalam pembentukan serotonin.

Serotonin sendiri merupakan zat kimia di dalam otak yang berkaitan dengan perasaan senang.

Menurut sebuah penelitian, aroma jeruk nipis, jeruk keprok, dan lemon, bisa meningkatkan mood dan energi.

4. Mengatasi Sembelit

Jeruk mengandung serat larut dan tidak larut. hal ini tentunya akan membantu fungsi usus dan fungsi lambung guna tetap lancar saat bekerja, serta sekaligus mencegah sindrom iritasi usus.

Disamping itu, serat buah juga dapat membantu mengatasi masalah sembelit atau konstipasi dengan sangat efektif.

Untuk itu bagi kamu yang sering mengalami masalah pencernaan dan susah buang air besar, cobalah mengkonsumsi buah jeruk secara teratur.

Baca juga : Bulir jeruk finger lime 

5. Menstabilkan tekanan darah

Manfaat selanjutnya dari buah jeruk ialah dapat menstabilkan tekanan darah kamu agar kembali pada batas normal.

Hal ini didapati karena buah jeruk mengandung beberapa mineral yang dapat meningkatkan produksi hemoglobin serta mencegah penyempitan pembuluh darah.

Dampaknya dengan mengkonsumsi secara teratur buah jeruk, dapat mencegah seseorang lebih kecil terkena penyakit tekanan darah.

Nah itulah beberapa Manfaat Dari Kandungan Vitamin C Pada Jeruk.