Atletik adalah cabang olahraga yang terdiri dalam beberapa jenis-jenis olahraga fisik, seperti lari, lompat, lempar serta jalan. Tersebut kenapa, cabang olahraga atletik tergolong satu pada olahraga yang pertandingkan banyak nomor dalam kompetisi.

Sampai dalam even internasional, atletik adalah cabang olahraga yang harus digelar. Oleh karenanya, atletik jadi olaharaga yang kerapkali didalami di kursi sekolah.

Atletik datang dari bahasa Yunani, ialah ‘Athlon’ yang berarti bersaing atau tanding.

Olahraga atletik berfaedah buat tingkatkan kapabilitas, ketahanan, kecepatan, kelenturan, sinkronisasi, serta kapabilitas biomotorik yang lain.

Akan tetapi, masihlah banyak orang yang masih belum mengerti jenis-jenis olahraga apa yang masuk cabang olahraga atletik. Berikut ikhtisar jenis-jenis cabang olahraga atletik.

lari

1. Tolak Peluru

Satu pada olahraga yang masuk cabang-cabang olahraga atletik yaitu tolak peluru. Olahraga ini udah dekat di golongan penduduk sebab olahraga ini pun diberikan di kursi sekolah.

Tolak peluru adalah olahraga yang memanfaatkan bola pejal, yang dibikin dari besi selaku medianya. Dalam lakukan olahraga tolak peluru ini ada cara-cara atau tehnik yang dapat dipraktekkan biar dalam mengerjakannya akan tidak merasakan luka.

2. Lempar Lembing

Lempar lembing adalah satu pada olahraga yang masuk grup olahraga atletik. Lempar lembing adalah olahraga yang telah dilakukan lewat cara lemparkan lembing yang mirip tongkat sekiranya lembing yang dilempar punya jarak yang jauh, nilainya pun tinggi.

Utamanya, tambah jauh jarak lembing yang dilempar jadi tambah banyak juga nilai yang diperoleh. Buat melaksanakan olahraga ini tentulah ada keputusan serta beberapa syarat yang wajib disanggupi, seperti berikut:

3. Lempar Cakram

Lempar cakram adalah olahraga yang telah dilakukan lewat cara lemparkan cakram yang mirip piringan serta dikerjakan dengan memanfaatkan lapangan yang berkriteria spesial.

Buat melaksanakan olahraga yang tergolong cabang-cabang olahraga atletik ini, kamu mesti terlebih dulu mengenali trik serta tehnik yang cocok.

4. Lompat Tinggi

Lompat tinggi ini tergolong olahraga atletik. Jelas sudahlah banyak yang mengenali olahraga ini sebab macam olahraga ini pun diberikan waktu di sekolah.

Tehnik dalam lakukan olahraga ini yaitu lewat cara melompati bilah yang udah dimasukkan di tiang yang udah disajikan serta udah punya ukuran tinggi.

Tambah tinggi jarak yang dapat kamu lompati jadi tambah baik nilai yang diterima. Diluar itu, dalam olahraga ini melihat trik dalam datang seusai melaksanakan lompatan itu. Hal semacam itu pun masuk penilaian di cabang olahraga ini.

5. Lompat Galah

Lompat galah ini sesungguhnya hampir mirip dengan lompat tinggi sebab sama melompati bilah dalam ukuran tinggi yang udah dipastikan.

Akan tetapi, yang sedikit memperbandingkan dari ke-2  cabang olahraga ini yaitu lompat galah tak memanfaatkan kaki sewaktu melaksanakan lompatan namun dengan memanfaatkan galah selaku media buat melaksanakan lompatan itu.

Olahraga yang masuk cabang-cabang olahraga atletik ini adalah olahraga yang kerap diperlombakan dalam olimpiade . Sehingga, olahraga ini jadi satu pada olahraga yang banyak diketahui oleh penduduk.

6. Lompat Jauh

Lompat jauh yaitu cabang-cabang olahraga atletik yang telah dilakukan lewat cara melaksanakan lompatan sepanjang barangkali, dengan pertimbangkan injakan yang udah dipastikan.

Artinya, kamu mesti melakukan lompatan dengan beranjak batasan yang udah dipastikan. Apabila kamu tak beranjak batasan itu jadi lompatan yang telah dilakukan tak dihitung.

Kebanyakan dalam lakukan olahraga ini memanfaatkan area yang punya pasir selaku tempat datang, sama hal yang udah dicoba di beberapa sekolah.

7. Lari Jarak Pendek

Lari jarak pendek adalah macam olahraga lari yang meniti jarak yang cenderung lebih pendek, ialah cuma 100 mtr., 200 mtr., serta 400 mtr.. lari jarak pendek ini adalah cabang-cabang olahraga atletik yang pertimbangkan kecepatan di dalam menggapai finish.

Jadi utamanya yaitu tambah cepat sampai finish jadi tambah baik juga hasilnya. Kebanyakan dalam lakukan olahraga ini memanfaatkan start jongkok.

8. Lari Jarak Jauh

Satu pada olahraga yang masuk cabang olahraga atletik lari ini adalah olahraga lari yang meniti trek yang punya jarak yang lumayan jauh ialah 5000 mtr., 3000 mtr. serta 10000 mtr..

Olahraga yang biasa disebut yaitu lari maraton ini dikerjakan memanfaatkan tehnik yang beda dengan lari jarak pendek.

Apabila di lari jarak pendek, pelari diminta buat lari sekencang-kencangnya, di lari maraton ini memaksa pelari buat dapat mengontrol tempo larinya sehingga pelari tak kekurangan tenaga.

Sebelumnya melaksanakan lomba maraton ini semestinya banyak pelari latih pernafasan sebab perihal ini begitu berfaedah dalam perlombaan ini.

9. Lari estafet

Lari estafet dikerjakan oleh satu grup yang terdiri dalam sejumlah pelari. Di dalam perihal ini, perlombaan ini dikerjakan lewat cara lari tambah yang memanfaatkan tongkat kecil selaku alatnya.

Jarak menempuh dari lari estafet ini yaitu 400 mtr. juga 1600 mtr.. Dalam lakukan lari estafet ini begitu butuh kolaborasi tim maka hasil yang diperoleh sesuai harapan.

10. Catur

Olahraga catur lagi jadi buah pembicaraan pada masyarakat. Catur atau ke bahasa Inggris, chess, udah dekat di golongan penduduk Indonesia.

Olahraga yang mempercayakan kiat ini bikin beberapa orang terhibur waktu memainkan. Catur kebanyakan terdiri dari 2 pemain saja. Buat memainkan kamu mesti mengerti tentang peraturan permainan catur serta dan menempatkan kiat yang pas.