Dalam hal jangkauan dan pengaruh, media online telah meledak. Persaingan semakin ketat dari sebelumnya, dengan teknologi dan platform baru yang muncul setiap hari. Namun karena kemampuannya untuk menjangkau banyak orang dalam waktu singkat dan dengan pekerjaan yang minim, media online masih memiliki keunggulan dibandingkan media lainnya. Macam-macam media online dan tujuan penggunaannya.

Massive Open Online Courses (MOOCs) adalah kursus online yang tersedia secara gratis. Ini adalah media internet yang memfasilitasi pembelajaran skala besar. Siswa dari seluruh dunia dapat mengambil bagian dalam kelas online dan terhubung satu sama lain. Universitas dan organisasi seperti edX menawarkan kursus. Kelas-kelasnya juga tersedia secara gratis di YouTube. Learning How to Learn (LHV), yang dikembangkan oleh Harvard University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT), dan Intro to Computer Science, yang diberikan oleh California State University adalah dua contoh MOOC. Publikasi serial dengan audiens aktif adalah jurnal online. Ini adalah platform publikasi digital untuk makalah. Jurnal Tradisional (Cetak ada) dan Jurnal tradisional ada dan memiliki rekanan cetak, seperti Sains atau Alam, ada dua kategori dasar jurnal online.

Surat kabar online adalah reproduksi digital dari surat kabar cetak yang diperbarui setiap hari yang menampilkan info menarik hari ini, atau bahkan secara mingguan dan bulanan. Mereka tersedia untuk dibaca secara gratis di komputer atau telepon. The New York Times, Washington Post, dan Wall Street Journal adalah contoh surat kabar online.

Situs web yang mengumpulkan dan menyampaikan berita berdasarkan kategori atau subjek dikenal sebagai agregator berita. Google Berita, Yahoo! News, MSN News, GenBerita, dan Associated Press adalah contoh agregator berita. Agregator berita sering menawarkan halaman teratas dengan tajuk berita terkini. Cerita yang lebih baru dapat ditemukan dengan menggulir ke bawah halaman beranda. Ketika Anda mengklik cerita tertentu, Anda akan dibawa ke artikel di situs itu. Banyak agregator berita memungkinkan Anda membuat daftar sumber berita yang dipersonalisasi berdasarkan genre atau tema. Di Google Berita, misalnya, Anda dapat mencari berita olahraga, hiburan, atau teknologi.

Blog adalah bagian berkala dari materi web yang diproduksi oleh satu penulis dan diterbitkan secara teratur. Ada dua jenis blog: pribadi (ditulis oleh satu penulis dan ditujukan untuk konsumsi pribadi) dan profesional (ditulis oleh banyak penulis dan ditujukan untuk konsumsi publik) (Biasanya ditulis oleh tim penulis dan diterbitkan untuk khalayak yang lebih luas). Milik saya, linkedin, dan xoJane adalah contoh blog pribadi. Blog IBM, The New York Times, dan The Washington Post adalah contoh blog profesional. Blog majalah mirip dengan blog pribadi, tetapi diterbitkan di majalah cetak daripada di internet.