Bertepatan dengan ajang IFA 2018 di Berlin, Jerman, Lenovo merilis laptop Yoga C630 WOS (Windows on Snapdragon) yang mendukung platform mobile Qualcomm Snapdragon 850, menjadikan Lenovo sebagai produsen pertama di dunia yang merilis laptop di platform ini.

 

 

Daya tarik platform ini adalah, berkat modem 4G LTE, pengguna dapat selalu terhubung ke internet, dengan daya tahan baterai hingga 25 jam, dan langsung menyalakan laptop.

 

 

Sekilas tentang prosesor Snapdragon 850, yang menawarkan performa signifikan dibandingkan laptop Windows berbasis ARM generasi pertama yang menggunakan prosesor Snapdragon 835. Qualcomm mengumumkan chip baru di Computex 2018 pada bulan Juni. Ini adalah varian dari Snapdragon 845, dioptimalkan untuk laptop daripada smartphone. Diproduksi pada proses 10nm, Laptop Bisnis Terbaik ini memiliki 8 inti Qualcomm Kryo 385 khusus yang berjalan hingga 2,96GHz. Ini fitur kartu grafis Adreno 630 terintegrasi, modem Snapdragon X20 LTE, dan chip khusus untuk pemrosesan sinyal gambar, audio, sensor, keamanan, dan kecerdasan buatan (AI).

Pembeli di berbagai negara dapat memilih antara RAM 4GB atau 8GB, dan penyimpanan UFS 2.1 128GB atau 256GB. Ada slot kartu SIM, dan modem Snapdragon X20 LTE-A terintegrasi mendukung kecepatan unduh Cat 18 hingga 1,2Gbps dan kecepatan unggah hingga 150Mbps. Laptop ini menjalankan Windows 10 S.

 

 

Yoga C630 WOS mengadopsi bentuk konvertibel 2in1, dan layarnya dapat dilipat hingga 360 derajat, yang berbeda dengan bentuk 2in1 yang dapat dilepas dari seri Lenovo sebelumnya (yang dapat dilepas ke layar tablet). Jenis layar yang digunakan adalah 13,3 inci full HD IPS dengan touchscreen. Ukuran laptop ini sangat kompak, dengan ketebalan 1,25cm dan berat 1,2kg. Pengguna dapat membeli Pena Lenovo opsional untuk menulis atau menggambar menggunakan fitur Tinta Windows. Ada dua port USB Type-C dengan Pengiriman Daya USB dan video out DisplayPort, serta Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 5, GPS, dan speaker stereo.

Selain itu, Microsoft menambahkan dukungan aplikasi 64-bit ke Windows pada ARM (WOA) awal tahun ini. Oleh karena itu, pengembang masa depan dapat menerbitkan aplikasi 64-bit ke Windows Store sebagai paket Universal Windows Platform (UWP), atau menawarkannya sebagai unduhan mandiri. Sebagian besar aplikasi x86 dapat berjalan di bawah emulasi, tetapi game 3D dan driver khusus tidak bisa.

 

 

Yoga C630 WOS akan dirilis di Eropa dan beberapa negara lain pada bulan November, mulai dari $850.