Kursus SEO Digital Marketing Untuk UMKM

Kursus SEO Digital Marketing
Kursus SEO Digital Marketing

Kursus SEO dan digital marketing tidak hanya diperuntukkan bagi corporate besar saja. Tapi juga bagi UMKM atau usaha rumahan. Meski hanya sebatas UMKM, perlu adanya pemasaran yang efektif agar usaha menjadi lebih cepat berkembang.

Pentingnya Digital Marketing Bagi UMKM Menurut Jasa SEO

Digital marketing dan kursus SEO memberikan kesempatan bagi pelaku usaha untuk bisa memasarkan produknya dengan cara yang mudah dan murah. Dengan berbagai media di internet, pemasaran produk rumahan bisa menjangkau pasar seluruh Indonesia hingga bahkan dunia. Tidak harus mengeluarkan biaya besar untuk promosi. Cukup dengan gadget dan jaringan internet saja.

Langkah Digital Marketing UMKM menurut Kursus SEO Online Gratis

Adapun langkah-langkah yang diperlukan untuk digital marketing oleh UMKM antara lain :

  1. Menentukan Target Market

Hal pertama yang dilakukan adalah menentukan target market. Yang dimaksud target market di sini adalah siapa yang akan membutuhkan produk anda. Karena ini berkaitan dengan konten apa yang akan dibuat.

Konten dengan target market usia remaja jelas berbeda dengan target market bagi lansia. Atau target market untuk laki-laki juga berbeda bagi perempuan. Dengan menentukan target market yang jelas, anda bisa membuat konsep pemasaran yang tepat sasaran.

  1. Menentukan Konsep Digital Marketing

Setelah menentukan target market, langkah digital marketing menurut kursus SEO selanjutnya adalah menentukan konsep digital marketing. Misalkan produk anda adalah produk fashion remaja. Tentu konsep digital marketing yang harus anda buat adalah yang sesuai dengan dunia remaja. Gunakan tagline dan hastag yang mudah diingat bagi mereka. Dengan cara demikian, target market akan mudah digaet dengan efektif.

  1. Membuat Website

Website bagi digital marketing sangat penting. Website ibarat sebuah toko dan etalase tempat menyimpan produk dan memamerkannya kepada audiens. Website juga bisa berperan sebagai company profile dimana anda bisa menerangkan semua tentang perusahaan kepada visitor.

Membangun konsep website dengan tema yang baik merupakan salah satu faktor penunjang berhasilnya proses digital marketing. Jaga penampilan website dengan konten-konten yang menarik. Jika anda belum bisa membuat konten website, anda bisa mengikuti kursus SEO dan digital marketing.

  1. Branding dengan Sosial Media

Branding yang kuat merupakan salah satu jalan agar audiens mengenal dan percaya pada produk anda. Melalui menggunakan sosial media, anda bisa melakukan branding produk dengan cara menyapa langsung para audiens lewat kolom komentar.

  1. Memahami Konsep Search Engine Optimazion (SEO)

SEO adalah cara agar website bisa selalu masuk pada halaman pertama mesin pencarian agar mudah ditemukan. Konsep SEO ini sangat penting karena semakin mudah ditemukan audiens, maka akan semakin besar kesempatan untuk menjual produk lebih banyak lagi. Dimana lagi anda bisa mempelajari semua tentang SEO kalau bukan di kursus SEO?