Koperasi adalah badan usaha yang dimiliki dan dikelola oleh anggotanya yang mencakup individu untuk mengejar kepentingan ekonomi bersama.

Berbeda dengan badan usaha pada umumnya, prinsip kerja sama menurut Undang-Undang Perkumpulan Koperasi merupakan kekuatan yang bertujuan untuk menjamin kesejahteraan para anggotanya.

Yuk dapatkan software koperasi pada tautan tersebut, selain itu juga tersedia aplikasi koperasi yang bisa kamu nikmati, silahkan bisa di klik.

Lembaga keuangan tersebut dapat didirikan secara perseorangan atau melalui legalitas badan hukum. Karena modal usaha koperasi ini dihimpun dari seluruh anggotanya maka kebijakan perusahaan harus disesuaikan dengan aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

Jenis Koperasi di Indonesia

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012, koperasi dibagi menjadi Koperasi Produksi, Konsumsi, Simpan Pinjam, dan Koperasi Multi Usaha (KSU).

1. Koperasi produksi

Koperasi produksi adalah lembaga yang anggotanya memiliki usaha kecil dan menengah (UKM). Misalnya usaha produksi tempe, kerajinan tangan, dan pabrikan lainnya. Disini koperasi bertugas membantu proses produksi yang dilakukan oleh anggotanya juga menjual ke pasar.

2. Konsumsi konsumen

Koperasi konsumsi dibentuk dan ditujukan untuk kepentingan konsumen barang dan jasa. Umumnya lembaga-lembaga tersebut menjual berbagai produk makanan sehari-hari. Contoh koperasi konsumsi adalah warung makan dan toko grosir.

Yang membeli koperasi konsumsi termasuk anggotanya sendiri sehingga harga barang yang dijual lebih murah dibanding di toko umum. Misalnya koperasi pelajar atau mahasiswa dan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI).

3. Simpan pinjam koperasi

Sesuai dengan namanya, Koperasi Simpan Pinjam atau yang lebih dikenal dengan Koperasi Kredit memberikan layanan simpan pinjam kepada anggotanya. Berbeda dengan bank, lembaga keuangan jenis ini memiliki mekanisme kerja yang demokratis sehingga dana pinjaman dibagikan secara adil kepada anggotanya.

Selain itu, suku bunga yang ditawarkan pada simpan pinjam juga lebih ringan dan proses pelunasannya dapat dicicil.

4. Koperasi multi usaha

Koperasi multi bisnis adalah badan usaha patungan yang memiliki berbagai bentuk usaha dan pinjaman. Secara umum dapat berupa kombinasi produksi dan konsumsi koperasi atau produksi dan tabungan dan koperasi hutang.

Contohnya adalah koperasi yang memberikan dana kredit / pinjaman, pemasok bahan baku dan kebutuhan pangan sehari-hari, hingga pemilik usaha kecil menengah (UKM).

Manfaat dan Keunggulan Menjadi Anggota Koperasi

Mungkin masih banyak orang yang menganggap bahwa kegiatan dalam koperasi terkesan kuno atau ketinggalan zaman. Namun nyatanya banyak keuntungan menjadi anggota, antara lain:

1. Memperoleh Hasil Operasi Sisa (SHU)

Tahukah kamu? Koperasi memiliki kewajiban untuk memberikan sisa pendapatan (SHU) kepada anggotanya. Nilai SHU akan ditentukan berdasarkan modal yang ditanamkan, jasa anggota, dan keuntungan koperasi. Selain itu, Anda juga bisa mengatur barang dengan koperasi untuk dijual.

2. Menghemat biaya

Perhatikan bahwa barang yang dijual di koperasi cenderung lebih rendah dari harga eceran umum di pasar. Pasalnya, sebagai anggota pasti Anda akan mendapatkan diskon khusus dengan membeli merchandise di lembaga keuangan ini.

3. Menurunkan suku bunga

Meminjam uang di lembaga keuangan ini cenderung lebih menguntungkan karena bunga yang dibayarkan lebih rendah. Selain itu, proses peminjaman lebih mudah dibandingkan saat mendaftarkan kredit ke bank atau lembaga lain.

4. Dapatkan pelatihan bisnis

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan adalah pelatihan bisnis. Umumnya koperasi produksi sering memberikan pelatihan usaha gratis kepada anggotanya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mengeluarkan uang untuk menghadiri seminar bisnis.

5. Membangun jaringan bisnis

Bagi Anda yang memiliki usaha sendiri, sebaiknya bergabunglah dengan koperasi. Hal ini dikarenakan, jika Anda aktif di dunia koperasi maka peluang untuk memperluas jaringan dan memperbesar peluang bisnis Anda juga semakin besar. Disini anda juga bisa melihat dan mempelajari jenis usaha lain dari anggota koperasi.