Mengenal apa itu surat dinas – menulis adalah kegiatan sehari-hari, bahkan ketika seseorang menulis sebuah ide, ada banyak keluhan, salah satunya adalah menulis surat. Saat menulis surat, ada banyak cara untuk melakukannya, seperti melihat contoh surat yang ditulis seseorang.

Karena menulis surat atau menulis surat merupakan hal yang sangat lumrah bagi organisasi, lembaga atau lembaga. Mengabaikan komunikasi akan menyebabkan rasa malu akan tanggung jawab di masa depan dan keyakinan bahwa aktivitas tersebut ilegal. Juga, jika menyangkut surat-surat dari instansi pemerintah dan swasta, surat-surat yang ditulisnya sangat penting dan mengikat.

Saat menulis surat, biasanya dilakukan oleh sekretaris. Bisa dibilang, jabatan ini sulit sekaligus mudah karena jika anggota dan staf mahir di bidangnya masing-masing, sekretaris tidak akan kewalahan mengurus semua tugas administrasi yang ada, termasuk komunikasi. Namun jika bawahannya tidak mengetahui hal ini, maka jabatan sekretaris akan berat. Namun, dalam hal menulis surat, ada banyak trik yang bisa Anda lakukan.

Arti dari surat itu sendiri adalah alat komunikasi tertulis yang digunakan untuk mengirim pesan baik kepada individu, organisasi atau lembaga atau lembaga lain. Sedangkan menurut Mostofa, pakar kasus tersebut. Menurut Mustofa (2003:65), surat diartikan sebagai suatu bentuk komunikasi yang digunakan oleh satu pihak untuk menyampaikan informasi tertulis kepada pihak lain.

Baca Juga : Cara Mencari Jurnal Dengan Kata Kunci

Apabila suatu surat menyangkut kepentingan suatu misi atau dinas atau surat dinas, maka surat itu dikenal dan disebut sebagai “surat dinas”. Apa yang dimaksud dengan dokumen resmi?

Apa pengertian surat dinas?

Secara umum pengertian surat dinas adalah alat komunikasi resmi dalam pemerintahan yang digunakan untuk menyampaikan berita kepada perseorangan dalam bentuk pemberitahuan, penjelasan, permintaan, pernyataan dan bentuk tertulis lainnya antar instansi atau instansi.

Selain itu dapat juga dikatakan bahwa yang dimaksud dengan surat dinas atau surat dinas adalah suatu bentuk komunikasi tertulis yang menyangkut hal-hal kedinasan, baik berupa pemberitahuan, penjelasan, permintaan, pernyataan, atau penugasan, dari satu instansi ke instansi lainnya. . atau dari lembaga tertentu ke individu.

Fungsi surat adalah 

Beberapa hal tersebut di atas menggambarkan pentingnya surat dinas atau surat dinas. Surat dinas mempunyai tempat yang strategis karena berfungsinya suatu instansi atau fungsi kedinasan, baik sebagai perintah, kerjasama maupun pengambilalihan.

Surat resmi ini berfungsi sebagai perekat yang menyampaikan pesan antara pembuat dan penerima. Selain itu surat dinas mempunyai fungsi lain, dan fungsi surat dinas adalah :

  1. Perwakilan pribadi, agen atau agen surat.
  2. Bentuk komunikasi lainnya, surat juga memiliki kelebihan.
  3. Bukti dokumenter yang mempunyai kekuatan hukum.
  4. Panduan untuk menjalankan dan melakukan sesuatu, misalnya buku tugas atau surat keputusan.
  5. Dapat disimpan dalam waktu lama.
  6. Kesalahpahaman dapat dihindari.
  7. Alat untuk mengingatkan pihak yang berkepentingan, yang diarsipkan dan dapat ditinjau atau ditinjau kembali jika diperlukan.
  8. Dokumen sejarah yang memiliki nilai sejarah.
  9. Biayanya relatif rendah.
  10. Bukti atau instrumen dokumenter yang benar dan mengikat secara hukum, seperti perjanjian dalam hal ini.
  11. Area yang luas dapat dijangkau.

Demikian pada pokok bahasan yang berjudul “Jelaskan Pengertian Surat Dinas? Berikut Pengertian dan Fungsinya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Sekian dulu, terima kasih. Salam berbagi teman-teman.