Jangan Main-Main dengan Stroke Ringan, Ini 4 Cara Mengatasinya!

Jangan Main-Main dengan Stroke Ringan, Ini 4 Cara Mengatasinya!

Stroke dikenal sebagai silent killer, lantaran sangat berbahaya dan berpotensi membunuh akibat kelumpuhan otak. Selain kematian, stroke bisa menimbulkan kecacatan bagi pengidapnya. Oleh karena itu kamu harus mengetahui penyebab stroke

Tapi gimana dengan transient ischaemic attack (TIA) atau stroke ringan? Meski “ringan,” TIA gak boleh dianggap remeh lho. Dampaknya pun bisa serius nantinya. Gejala stroke ringan hanya berlangsung beberapa menit dan akan hilang dengan sendirinya dalam hitungan jam. Nah, berikut beberapa gejala TIA menurut ahli di National Institutes of Health – MedlinePlus.

  • Perubahan pada indera, seperti pendengaran, penglihatan, rasa, dan sentuhan.
  • Perubahan kewaspadaan (kantuk atau tidak sadar)
  • Perubahan mental, seperti kebingungan, kehilangan ingatan, kesulitan menulis atau membaca, kesulitan berbicara, atau memahami orang lain
  • Masalah otot, contohnya kelemahan otot, kesulitan menelan, atau kesulitan berjalan.
  • Pusing atau kehilangan keseimbangan
  • Kurangnya kontrol atas kandung kemih atau usus
  • Masalah saraf, seperti mati rasa atau kesemutan pada satu sisi

Kembali ke tajuk utama, gimana sih cara mengatasi stroke ringan?

Perubahan Gaya Hidup

Cakupannya seperti berhenti merokok, rutin berolahraga, dan mengonsumsi makanan sehat atau bergizi seimbang.

Konsumsi Obat-obatan

Obat-obatan yang diberikan seperti obat pengencer darah, misalnya aspirin atau Coumadin, untuk mengurangi pembekuan darah. Di samping itu, ada pula obat antihipertensi, obat statin, atau obat antikoagulan yang mungkin diberikan oleh dokter.

Menyingkirkan Infeksi

Memang, beberapa penyebab TIA hanya bisa terlihat lewat pemeriksaan di rumah sakit. Sehingga jika TIA terjadi pada anak muda tanpa faktor yang jelas, mereka mungkin dikirim ke ahli saraf untuk diperiksa. Misalnya, menyingkirkan vasculitis (peradangan pada pembuluh darah), diseksi arteri karotis, atau infeksi lainnya.

Operasi

Biasanya dilakukan pada mereka yang mengalami penyumbatan arteri leher. Prosedur ini disebut dengan endarterektomi.

Jangan lupa untuk mendaftar asuransi penyakit kritis dan asuransi kesehatan keluarga ya supaya biaya kesehatanmu serta keluarga tetap terjamin. Kamu bisa mendapatkan perlindungan asuransi di Super You tentu dengan premi terjangkau. Cuma dari Rp 30 ribu per bulan saja.