Jangan di Kupas! Berikut khasiat kulit buah untuk kesehatan

Jangan di Kupas! Berikut khasiat kulit buah untuk kesehatanDalam menyuguhkan buah dan sayur, Mam kemungkinan sering kupas kulitnya supaya lebih gampang dan nikmat saat dihidangkan. Walau sebenarnya, beberapa sayur dan buah malah lebih bagus bila dikonsumsi bersama kulitnya lho, Mam!

Biasanya, kulit sayur dan buah memiliki kandungan anti-oksidan, serat, vitamin, dan mineral yang semakin tinggi dibanding dagingnya.

Pakar gizi Malina Malkani, MS, RDN, CDN, menjelaskan, “Buah-buahan dan sayur yang masih belum dikupas dapat mempunyai serat sampai 33 % semakin banyak dibanding dihidangkan tanpa kulitnya,” mencuplik Reader’s Digest.

 

khasiat kulit buah untuk kesehatan

Cari Pabrik Maklon Kosmetik dan Skincare Terbaik? Cek Disini

 

Dia menambah, “Kandungan anti-oksidan di kulit buah-buahan dapat capai 328 kali semakin tinggi dibanding yang dikandung dalam daging sayur dan buah itu. “

Tetapi, Alyssa Pike, RD, manager komunikasi gizi untuk International Food Information Council Foundation, menjelaskan jumlah gizi dalam tiap kulit berlainan, bergantung pada tipe buah dan sayur.

Bila Mam ingin menambah konsumsi serat dan gizi dalam menu makanan harian, inilah buah yang tak perlu dikupas kulitnya!

Salah sebuah yang tak perlu dikupas kulitnya ialah barisan berikan. Malkani menjelaskan lebih bagus mengonsumsi buah berikan, ceri, dan anggur tanpa kupas kulitnya. Kecuali susah dilaksanakan, kulit buah berikan memberi banyak anti-oksidan,

Kulit anggur benar-benar berguna karena sisi anggur ini mempunyai jumlah anti-oksidan paling tinggi keseluruhannya buah yang utuh.

Tentukan tipe buah berikan favorite, atau konsumsi buah anggur untuk memperoleh konsumsi anti-oksidan yang diperlukan badan.

Apel dan aprikot ialah buah yang direferensikan supaya tidak dikupas kulitnya, ini diterangkan oleh Hillary Cecere, MS, RDN, pakar diet tercatat untuk Eat Clean Gan.

 

Baca juga: Kebiasaan Unik Orang Indonesia

 

“Kulit apel mempunyai serat yang tidak larut, vitamin C, vitamin A, dan kuersetin flavonoid,” ucapnya. Karena itu apel dan aprikot ialah buah yang tak perlu dikupas kulitnya ya, Mam!

Tetapi, walau kulit apel memiliki kandungan banyak sekali gizi dan serat, buah apel sering terkena kandungan pestisida semakin tinggi. Yakinkan untuk membersihkan apel secara baik, atau pikirkan untuk beli apel organik.

Kemungkinan kedengar aneh, tapi kiwi masuk di dalam perincian buah yang tak perlu dikupas. Bahkan juga, Cecere menjelaskan jika kulit kiwi mempunyai banyak vitamin C, dan dengan mengkonsumsinya menambahkan 3x lipat jumlah serat. Begitupun dengan ketimun.

Sedang untuk ketimun, kulitnya mempunyai kandungan vitamin K, serat, dan kalium. Tapi, juga penting untuk bersihkan kementimun secara baik bila ingin konsumsi kulitnya.

“Kulit ketimun dapat mempunyai struktur seperti lilin, jadi yakinkan untuk membersihkan secara baik serta memakai handuk kertas untuk menggosok susunan lilin,” kata Cecere.

 

Baca juga: Selain Untuk Kesehatan Tubuh, Jahe di Percaya dapat Memutihkan Kulit Wajah

 

“Tidak boleh kupas kulit terong dan konsumsi bila Anda inginkan tambahan serat, flavonoid, dan magnesium,” jelas Cecere.

Argumen lain kenapa lebih bagus tidak kupas kulit terong dan kulit zucchini karena ada kandungan air di kulit itu.

Zucchini dan terong mempunyai fokus air yang tinggi; zucchini 95 %, dan terong 92 %. Kulit pada sayur ini jadi tempat di mana sejumlah besar gizi ada.

Banyak yang konsumsi kulit jeruk tidak dengan dikonsumsi bersama buahnya, tapi dengan memarutnya dan ditaburkan pada makanan tertentu.

“Kulit buah jeruk seperti lemon, limau, dan jeruk bisa dikonsumsi bila Anda mengolah atau memarut kulitnya,” kata Malkani.

Jeruk dan buah jeruk yang lain tidak cuma memberi konsumsi anti-oksidan terbaik, tapi kulit dari buah-buahan ini sebagai salah satunya sisi buah yang dapat dikonsumsi.

Nach, itu ia buah yang tak perlu dikupas supaya kita dapat mendapatkan faedah kesehatan yang optimal saat mengonsumisnya. Selamat mempraktikkan dan mudah-mudahan berguna ya.