Nasib Sea Games 2021

SEA Games 2021 yang ditunda ke 2022 berakibat pada sulitnya penentuan agenda baru. Alasannya masing- masing negara memiliki jadwal berarti di tahun depan.

Buat dini tahun, yaitu pada Februari 2022, ada jadwal Winter Olympic Games 2022 di Cina. Karenanya, menggelar SEA Games pada Januari ataupun Februari kecil kemungkinannya. Terlebih sekian banyak negara di ASEAN akan mengirimkan atlet.

Sehabis itu akan ada Asian Indoor and Martial Arts Games ( AIMAG) 2021 di Thailand. Jadwal ini akan berlangsung mulai 20 Maret 2021 di Bangkok. Ada 29 cabang berolahraga yang akan dipertandingkan dalam ajang ini.

Jadwal Sea Games 2021 Geser ke 2022
Jadwal Sea Games 2021 Geser ke 2022

Berikutnya Filipina akan menggelar pemilihan universal( pemilu) presiden dan wakil presiden pada 9 Mei 2022. Semenjak dini tahun sampai April 2022, konsentrasi elemen bangsa Filipina bakal tersita buat jadwal nasional tersebut.

Pada dikala yang sama pula akan diselenggarakan pemilu presiden dan wakil presiden dan parlemen di Timor Leste.

Lalu ada Asian Games 2022 di Zhejiang, Cina pada 10- 25 September 2022. Bila jadwal ini tidak hadapi penundaan, paling tidak pada Agustus tidak dapat diselenggarakan SEA Games sebab sangat mepet dengan Asian Games.

Sekretaris Jenderal ( Sekjen) Komite Olimpiade Indonesia ( KOI) Ferry J Kono berkata sampai saat ini belum ada bertepatan pada tentu penerapan SEA Games 2021. Kepastian bertepatan pada akan dibahas dalam pertemuan antar National Olympic Committee ASEAN.

Sea Games 2021 di Tunda

“Kaitannya dengan ditunda kapan jadi kapan, belum diputuskan sama sekali. Ada sebagian usulan tahun apalagi bulan, dan tiap- tiap negara memiliki alibi tiap- tiap,”kata Ferry Kono kepada CNNIndonesia. com pada Kamis ( 8/ 7).

“Ada Filipina di bulan April ia pemilu, begitu pula di Timor Leste. Dari kita pula sampaikan kalau kita akan konsentrasi buat AIMAG 2021[pada 2002], dan pula Asian Games 2022. Negara lain pula masih ada yang turut Winter Olympic, sehingga belum diputuskan kapan waktu perubahannya,”katanya.

Ferry meningkatkan, KOI akan menekan VIGOC, panitia pelaksana SEA Games 2021 Vietnam buat lekas mengajukan bertepatan pada baru. Alasannya, kepastian waktu ialah bagian berarti dari program latihan dan penyiapan anggaran pemerintah.

“Dari sisi kita akan berupaya membenarkan kapan bertepatan pada perubahannya sehingga dapat kita teruskan ke federasi nasional, sehingga dapat merancang ulang program- program pelatnas yang difokuskan buat SEA Games pada akhir tahun ini,” katanya.

Indonesia ialah salah satu negara yang pernah menolak SEA Games 2021 ditunda. Tetapi, sebab permasalahan Covid- 19 di ASEAN meninggi kembali, tercantum Indonesia yang permasalahan hariannya saat ini menggapai 30 ribuan, opsi penundaan tidak terhindarkan.

“Terpaut dengan SEA Games 2021, di rapat tadi sudah diputuskan, mengingat lagi tingginya permasalahan Covid- 19 di Asia Tenggara, sehingga diusulkan dan diterima sebagian besar anggota, kalau tahun ini tidak diadakan SEA Games,” kata Ferry.

“Mengingat alibi tiap- tiap negara, tercantum dengan kita Indonesia, tetapi kita sampaikan kaitannya terhadap pandemi kami sepakat. Kita sesungguhnya kecewa apabila itu tidak dapat dilaksanakan, mengingat atlet- atlet kita dalam program pelatnas. Tetapi sebab konvensi ini diambil secara bersama- sama dan dalam solidaritas kawasan, kita ikut menyetujui, ucapnya.

Sumber: cnnindonesia.com dan gerardofernandez.net