Jual Macbook Pro M1 512gb - Space Gray Myd92id/a Terbaru November 2021  harga murah - kualitas terjamin | Blibli

 

Perusahaan raksasa IT yaitu Apple baru saja meluncurkan Macbook Pro seri terbaru dalam event Unleashed pada 19 oktober lalu. Hadir dalam dua varian, Laptop ini menggunakan chipset buatan perusahaan M1 Pro dan M1 Max.

Di tahun sebelumnya Apple juga sudah menyisipkan chip M1 pada macbook keluaran tahun 2020. Ketiganya (M1, M1 Pro, M1 Max) dibuat dengan aristektur dasar yang sama yaitu dengan menggunakan system-on-chips (SoCs) yang mengkombinasikan CPU, GPU dan RAM dalam satu paket.

Namun tetap saja ada yang membedakan antara ketiganya. Produk M1 Pro dan M1 Max tentu memiliki kekuatan yang lebih besar jika dibanding pendahulunya M1.

Perbedaan ini mengacu pada efisiensi yang lebih tinggi secara keseluruhan, dan penurunan latensi antara RAM serta CPU.

 

Spesifikasi

Ketiga chipset sama-sama berbasis pada node N5 dari TSMC. itu merupakan proses manufaktur terkecil yang dipunyai oleh TSMC saat ini, yang menggabungkan dua jenis inti CPU, inti Firestorm berkinerja tinggi dan inti Icestorm efisiensi.

Pada chip M1 hadir dengan delapan inti, empat Firestorm dan empat Icestorm. Sementara untuk M1 Pro dan Max yang keluar tahun ini melakukan penambahkan masing-masing satu core menjadi sepuluh dengan 8 Firestorm dan dua Icestorm.

Perbedaan spesifikasi selanjutnya ada pada grafisnya. M1 mempunyai delapan core grafis, sementara M1 Pro mencapai 16 core grafis, dan yang tertinggi adalah M1 Max dengan 32 core grafis.

Core grafis berfungsi untuk meningkatkan kinerja terutama dalam pekerjaan yang memerlukan komputasi tinggi seperti Mendesain, editing video maupun bermain game. Semakin besar core grafis maka semakin baik pengalaman akan didapatkan.

 

Peningkatan Performa yang Cukup Kentara

M1 Pro dan Max memiliki peningkatan performa yang cukup besar dibandingkan M1. Walaupun chip terbaru ini hanya mengalami penambahan dua core, namun dengan dua kali lipat jumlah transistor membuatnya punya perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan dengan M1.

Bahkan Apple berani mengklaim bahwa kecepatan render pada chip ini mampu 3.6 kali lebih cepat dibanding chip M1. Kemampuan render itu bisa ditambah lagi hingga 5 kali lipat jika ditambahkan aplikasi Davinci Resolve Studio.

Keduanya pun juga diklaim mampu memberikan kinerja prosesor (CPU) hingga 70% lebih cepat daripada pendahulunya.

M1 Pro ini menawarkan bandwidth memori hingga 200GB/detik dengan dukungan RAM mencapai 32GB. Sementara itu, M1 Max menghadirkan bandwidth memori hingga 400GB/detik, atau dua kali lipat dari M1 Pro serta hampir enam kali lipat dari M1 dengan dukungan RAM hingga 64GB.

 

Daya Tahan Baterai

Dilansir dari DigitalTrends, Chip M1 memiliki daya tahan baterai hingga 16 jam pada Macbook Pro 13, sementara di Macbook Air 15,5 jam.

Sementara untuk chip terbaru dari Apple yaitu M1 pro dan M1 Max, mereka mengatakan bahwa daya tahan baterai akan lebih lama. Macbook Pro 14 inci dengan M1 Pro bisa digunakan untu menonton video nonstop hingga 17 jam atau tujuh jam lebih lama dari pendahulunya. Sementara untuk M1 Max bisa digunakan untuk menonton video hingga 21 jam.

Kemudian untuk penggunaan penjelajahan web nirkabel, Macbook Pro M1 bisa digunakan hingga 11 jam, sementara M1 Max bisa 14 jam.

Mesin baru ini juga mendukung pengisian daya cepat yang kemungkinan bisa mengisi hingga 50% dengan melakukan charger selama 30 menit saja.