Inilah Bagian Rumah Adat Joglo Jawa Tengah

Ada beragam jenis tipe rumah tradisi Jawa tengah. Semua memiliki kekhasan dalam style arsitektur yang dipunyainya. Yang terpopuler ialah Rumah Joglo. Design dari rumah ini dapat disebut sangat unik. Dari arsitektur yang ada, sisi ataplah yang memiliki kerangka demikian tinggi. Dengan dipertambah tiang penyangga khusus sejumlah 4 besar dan ada di sisi tengah rumah. Atau orang Jawa tengah mengatakan sebagai soko guru.

Di bagian atap, rumah joglo ini saat ini telah memakai darurat. Tetapi, awalannya dahulu tidak berbeda jauh dengan rumah tradisi yang lain atapnya dibuat dari ijuk yang disulam. Bumbungan tinggipada sisi atap yang dengan bahan dasar alam. Membuat rumah ini demikian sejuk dan dingin. Nyaris keseluruhnya dari rumah ini dibuat dari kayu jati. Dimulai dari pintu, jendela, angka atap dan sisi yang lain. Penyeleksian kayu jati tidak terlepas dari ketahanan yang dapat didapat dari kayu jati.

Saat ini, Rumah Joglo menjadi satu diantara ikon budaya warga Jawa tengah. Namun hal itu tidak dapat dilepaskan dari perannya sebagai rumah. Di mana terbagi dalam beberapa ruang yang terdiri atas :

Pendopo

Sisi depan rumah yang disebut tempat kegiatan warga. Seperti tatap muka, pagelaran seni, dan upacara tradisi dilaksanakan di pendopo.

Pringitan

Berada antara pendopo dan omah njero (rumah dalam). Memiliki bentuk lorong untuk masuk ke rumah Joglo. Namun, sisi ini digunakan sebagai tempat pagelaran wayang.

Rekomendasi produsen rumah kayu : joglo jawa

Emper

Sisi yang menyambungkan pringitan dan omah njero. Tempat tamu atau sekedar hanya santai.

Omah Njero

Sisi ini ialah sisi pokok dari rumah Joglo. Biasa disebutkan sebagai dalam ageng atau omah mburi.

Senthong Kiwa

Terletak pada bagian kanan dan berperan sebagau gudang, kamar atau bahkan juga tempat simpan bahan makanan.

Senthong tengah

Nama yang lain adalah pendaringan atau krobongan. Di mana sisi ini sebagai area untuk menyimpan benda bernilai, harta, atau pusaka dari keluarga.

Senthong Tengen

Tidak berbeda jauh perannya seperti senthong kiwa. Cuman terletak saja yang ada pada bagian kanan rumah joglo.

Gandhok

Ini ialah bangunan tambahan mengelilingi rumah joglo. Dapat ada di segi kiri atau kanan, bahkan juga pada bagian belakang.

Itu barusan berapakah keunikan dari rumah tradisi jateng. Rumah Joglo yang memiliki design yang unik dan pembagian ruang yang lain dengan tipe rumah yang lain. Peninggalan budaya leluruh yang harus dilestarikan kehadirannya.