Jika Anda memikirkan metode pemasaran online yang bagus, akan banyak ide yang muncul di benak Anda. Misalnya keinginan untuk membuat website yang penuh dengan unsur audiovisual yang menarik perhatian dan menggunakan flash.

Anda sedang membutuhkan pinjaman online bunga rendah? Bisa kunjungi ringan.co.id

Namun, situs web ‘berat’ ini membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dimuat. Anda dapat yakin bahwa calon pelanggan akan pindah ke situs web lain yang memuat lebih cepat.

Pemasaran online tidak sama dengan menjual produk secara langsung. Begitulah cara pasar bisnis online dapat digunakan tanpa harus menekan konsumen.

1. Website yang Profesional dan Informatif

Alasan konsumen mengunjungi situs Anda adalah karena mereka ingin tahu lebih banyak tentang produk atau layanan Anda. Website profesional adalah salah satu metode pemasaran online yang menggantikan toko atau kantor Anda.

Kehadiran website juga dapat merepresentasikan customer service dan mendekatkan bisnis Anda dengan konsumen karena dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Jangan mendesain website terlebih dahulu karena akan menimbulkan citra buruk bagi bisnis Anda. Saat ini sudah banyak tersedia template website gratis seperti WordPress.

Atau jika Anda tidak punya waktu, Anda bisa menggunakan jasa web designer dan copywriter untuk membuat website profesional.

2. Pastikan Website User-friendly

Sebuah website juga bisa dianalogikan dengan supermarket. Tersedia berbagai pilihan produk yang berjejer rapi sehingga memudahkan konsumen dalam mencarinya. Bayangkan jika barang-barang tersebut tersebar dan tidak disusun berdasarkan kategori?

Tentu saja butuh waktu lama untuk mencari dan akhirnya mengurangi kenyamanan konsumen untuk berbelanja.

3. Content Marketing

Pemasaran konten adalah teknik terlaris dengan mengedukasi konsumen (dan calon pelanggan) dan memperkenalkan produk Anda tanpa kesan paksaan. Pemasaran konten dapat berbentuk video, infografis, atau blog yang relevan.

Blogging bisnis, misalnya, adalah metode pemasaran online yang berguna karena dapat meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda. Dalam jangka panjang, pemasaran konten seperti penulisan blog dapat menarik lebih banyak konsumen.

4. Guest Blogging

Pembaca tahu di mana menemukan sumber informasi terbaru yang relevan dan sesuai dengan minat mereka. Menjadi kontributor di situs web lain akan memperkenalkan bisnis Anda ke lebih banyak ruang lingkup. Metode pemasaran online ini cukup efektif dalam meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda dengan tautan balik.

Manfaat guest blogging yang cukup penting namun tidak disadari adalah fungsinya sebagai word marketing. Survei Nielsen menemukan bahwa 92% konsumen mempercayai rekomendasi teman atau orang yang dicintai.

Jadi, jika Anda adalah ‘tamu’ di situs lain, Anda secara tidak langsung mempromosikan bisnis Anda di forum itu. Bahkan jika pembaca ini tidak membutuhkan produk Anda, mereka akan merekomendasikannya kepada kerabat atau keluarga yang membutuhkannya.

5. Membuat Laporan Singkat

Jangan bayangkan laporan ini sebagai penulisan tugas akhir Anda pada sebuah tesis. Laporan ini lebih kepada penulisan berdasarkan fakta dari sumber terpercaya agar bisnis Anda terlihat lebih terpercaya di mata konsumen

6. Berpartisipasi di Media Sosial

Media sosial bukan hanya platform untuk individu, tetapi banyak bisnis, kecil atau besar, menggunakan media sosial seperti Facebook untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Selain itu, media sosial juga dapat digunakan sebagai alat untuk memahami selera pasar. Bukan tidak mungkin banyak perusahaan yang rela menghabiskan anggarannya untuk pemasaran online.

7. Menciptakan Review Positif untuk Bisnis Anda

Berapa banyak orang yang membaca ulasan produk atau layanan sebelum memutuskan untuk membeli? Seperti halnya konsumen yang akan membeli produk Anda, mereka akan membutuhkan waktu untuk membaca komentar orang tentang bisnis Anda.