Fungsi Bag Filter

Bag filter biasanya digunakan di pembangkit listrik, produsen farmasi (obat) dan kimia, pabrik makanan, pabrik baja, dan di industri atau pabrik yang menghasilkan polusi berupa serbuk-serbuk dan debu. Baghouse filter berperan menangani dan mengontrol serbuk dan debu yang akan mencemari lingkungan tersebut.

Bag filter memegang peran penting dalam operasi atau sistem pengoleksi debu (dust collection system) di sebuah pabrik.Anda perlu menimbang dengan matang untung-rugi dari penggunaan bag filter.

Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan Anda dalam membeli bag filter dan menempatkannya di industri yang tepat.

Menggunakan bag filter memberikan beberapa keuntungan. Beberapa keuntungan tersebut adalah efisiensi pengumpulan menjadi sangat tinggi dan tidak memunculkan risiko pencemaran pada air dan tanah.

Anda tentu tidak mau jika operasi industri Anda mencemari lingkungan dan mengundang banyak permasalahan setelahnya. Bag filter memegang peran penting dengan mengatur serbuk dan debu tersebut agar tidak menjadi polusi.

Itulah kenapa, membeli bag filter di tempat jual bag filter terpercaya merupakan hal yang harus Anda lakukan. Kendati memiliki beberapa keuntungan, bag filter juga memiliki beberapa kerugian atau tepatnya risiko.

Kerugian menggunakan bag filter adalah memerlukan area pemasangan yang cukup luas, tidak dapat bekerja pada keadaan lembab atau basah, dan memiliki potensi kebakaran serta ledakan.

Namun, risiko kerugian tersebut bukan sesuatu yang perlu Anda khawatirkan jika Anda mengoperasikan bag filter dengan baik. Berdasarkan perhitungan untung-rugi tersebut, jelaslah bag filter memiliki fungsi yang besar dalam operasi sebuah pabrik.

gas yang kotor dan dipenuhi oleh partikel akan masuk ke dalam beberapa kantong filter (cloth bag). Kantong-kantong tersebut sejajar secara paralel dan meninggalkan debu atau serbuk pada filter tersebut. Aliran debu dan gas pada bagian dalam filter akan melewati kain ke segala penjuru.

Partikel serbuk akan tertahan di bagian kotor kain, sementara gas yang bersih akan melewati sisi atau bagian kain yang bersih. Debu dan kotoran lainnya akan dibersihkan atau disisihkan secara berkala dari kantong filter dengan cara digoncang, digetarkan, atau melalui aliran udara terbalik.

Performa bag filter dipengaruhi oleh temperatur gas, pressure drop, opacity, dan gas volumetric flow rate.Salah satu pertimbangan orang dalam membeli adalah material yang digunakan.

Bahan atau kain filter dust collector cukup beragam. Beberapa material tersebut adalah polyester, polypropylene, aramid, PPS, homopolymer acrylic, dan epitropic antistatic.

Tentu, masing-masing material memiliki kelebihan dan kekurangan. Membeli sesuai dengan kebutuhan menjadi hal yang wajib ketimbang hanya mempertimbangkan harga.