Disaat Anda membutuhkan dana di kondisi mendesak, tentunya semua cara akan dicoba guna mendapatkan uang tersebut. Baik meminjam ke keluarga, kerabat bahkan mencairkan dana pinjol yang mungkin menjadi alternatifnya. Namun, tahukah Anda kalau saat ini tengah gempar kegiatan Gestun? Ya’ gesek tunai menggunakan kartu kredit! Secara umum, kartu kredit yang akan dicairkan limitnya akan digunakan pada mesin EDC dan dirangkai seolah-olah pemilik tengah menggunakan kartu tersebut untuk berbelanja. Namun nyatanya nasabah telah bekerjasama dengan penyedia guna mencairkan dana tunai melalui transaksi tersebut. 

Fakta Menarik Jasa Gesek Tunai 

Gestun adalah kegiatan paling sering dilakukan oleh nasabah kartu kredit yang memanfaatkan limit kartu kredit mereka. Biasanya cara ini dilakukan oleh mereka sebagai jalan alternatif dalam memperoleh dana tunai di waktu cepat. Cara seperti ini pun umumnya mereka lakukan di tempat yang menyediakan layanan jasa gesek tunai kredit card. Jasa seperti ini pun sangat mudah ditemukan baik di pusat perdagangan atau online. Lantas, seperti apa sih Fakta Menarik dari Jasa Gestun ini?

Berbeda Dari Tarik Tunai 

  • Kalau Anda mengira gestun dan tarik tunai adalah kegiatan yang sama, maka persepsi Anda salah! sebab kegiatan tarik tunai dapat dilakukan melalui Bank/ ATM. Dengan ini, Anda transaksi Anda akan otomatis tercatat di bank penerbit. Dan tidak hanya itu, tarik tunai juga biasanya akan memberikan batas penarikan. Berbeda dengan Gestun di Kredit Card yang mana Anda bisa melakukan penarikan sampai penghabisan limit dan untuk beban biaya cenderung lebih murah, yakni 2% hingga 3% dari uang yang di gestun. 

Gestun Praktik Ilegal 

  • Tingginya angka kerawanan macetnya kredit karena gestun, pada akhirnya pemerintah menekankan kalau kegiatan ini termasuk dalam praktik ilegal dan dilarang keras secara hukum negara. Ditekankan hal ini pun guna meminimalisir praktik pencucian uang yang sedang marak terjadi. 

Kredit Macet Lebih Tinggi 

  • Kalau melihat dari penggunaanya, secara umum nasabah dari kartu kredit banyak memilih aktivitas ini karena membantu memenuhi kebutuhannya. Namun, jika melakukan gestun terlalu sering bisa-bisa tagihan semakin membengkak dan menimbulkan tunggakan pembayaran. Jadi, usahakan untuk tidak melakukan praktik ilegal seperti ini. 

Demikian pembahasan diatas, semoga bermanfaat…