Evaluasi perkembangan sistem keuangan di Indonesia telah mengalami kemajuan dari konvensional ke berbasis teknologi moderen. Itulah sebabnya, FinTech Indonesia mempunyai keerkaitan teknologi informasi yang banyak merubah mode aktivitas disetip bidang. TI telah menjadi faktorutama perkembangan mode bisnis transaksi elecktronik melalui gadget.

Penjelasan Sistem Keuangan Berbasis Teknologi

Penjelasan mengenai sistem keuangan berbasis teknologi di dalam FinTech yaitu menggunakan m-commerce atau ecommerce yang telah berlangsung secara virtual, melalui sujumlah rangkaian aplikasi yang dikemas menggunakan teknologi informasi. Berikuti ini evolusi sistem keuangan berbasis teknologi, yang dapa kamu implementasikan dalam bisnis FinTech, yaitu:

Ketersediaan sumber daya keuangan

Evolusi FinTech Indonesia yang pertama adalah menyediakan sumber daya keuangan yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan, keberadaan dari Fin Tech tersebut bersifat internal inisiatif didalam kebutuhan stratup. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya berdiri perusahaan stargups di Indonesia yang relative besar dan membutuhkan banyak kapital.

Menyediakan alternatif capital

Selanjutnya, sistem keuangan yang disediakan pada FinTech Indonesia telah menyediakan alternatif berbentuk capital yang bersifat transparan dan cepat, bagi para masyarakat yang membutuhkan aliran dana yang sangat cepat, likuid, serta bisa dipertanggungjawabkan. Salah satu atribut yang diperlukan adalah policy yang berhubungan dengan kebijaka regulasi.

Banl Indonesia bersifat proaktif

Dalam perkembangan evolusi FinTech Indonesia, Bank Indonesia merupakan salah saut unit yang bersifat proaktif dalam mengeluakan banyak aturan yang berhubungan langsung dengan kegiatan startup. Diantaranya yaitu mengubah cara kerja back office, regulasi sistem keuangan, dan middle office. Sehinga pelaksanaan FinTech akan jauh lebih optimal.

Terdiri dari 5 kategori

FinTech Indonesia memiliki 5 kategori penting yang dimiliki dalam startup. Antara lain yaitu; kategori yang dilihat berdasarkan fungsi ekonomi, melakukan peningkatan modal, deposito, dan pinjaman, melakukan pembayaran dan penyelesaian kliring, mendukung kegiatan pasar atau market support, dan melakukan menajemen investasi melalui investment manajement.

Itulah tadi informasi menarik mengenai proses evolusi perjalanan sistem keuangan berbasis teknologi didalam konsep FinTech Indonesia, terutama dalam bidang strtup. Apabila kamu ignin mencari info lebih lengkap dengan FinTech, maka silahkan bukan website Dunia Fintech, yang memiliki peran penting sebagai wadah media informasi digital, selamat mencobba!