Berbagai jenis media digital telah banyak dimanfaatkan orang untuk kepentingan promosi. Salah satu yang paling populer adalah Whatsapp. Aplikasi pesan ini kini tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk chatting saja. Kini fungsinya telah berkembang lebih luas lagi, yaitu sangat efektif digunakan untuk media marketing.

Nah apakah Anda juga ingin memanfaatkannya untuk alat promosi? Kalau iya, maka yuk simak artikel ini hingga tuntas!

 

 

Mau kaya dari jualan pulsa , silahkan gabung disini : Daftar BrilianKD Store

 

Cara Promosi di Whatsapp
Sebelum belajar lebih jauh tentang penyusunan kata-kata promosi di Whatsapp, mari pahami dulu cara promosi yang bisa diterapkan.

Whatsapp sendiri sebenarnya mendukung proses promosi dengan fitur-fitur menarik yang tersedia.

Berikut ini ada beberapa cara promosi Whatsapp yang efektif untuk dilakukan:

1. Tandai Kontak Target Promosi
Hal pertama yang perlu dilakukan saat akan promosi bisnis adalah memilih target promosinya.

Ingat! Tidak semua orang bisa jadi target promosi. Tentunya target ini harus disesuaikan juga dengan jenis produk dan target konsumen, atau target pasar yang sudah ditetapkan sebelumnya. Oleh sebab itu, pilihlah dulu daftar kontak mana saja yang cocok untuk dikirimi pesan promosi.

Saat menandai kontak target promosi ini, maka pastikan Anda benar-benar selektif.

Pilih mana saja orang-orang yang memang cocok menerima promosi atau penawaran tersebut. Dan singkirkan orang-orang yang tidak berpotensi untuk menjadi konsumen. Dengan begitu pesan promosi tidak akan dianggap spam dan hasilnya jauh lebih efektif.

2. Susun Kalimat Promosi yang Lengkap
Segera susun rencana kalimat promosi yang akan dikirimkan kepada kontak-kontak potensial tadi.

Dalam hal ini dibutuhkan kata-kata yang tepat dan kalimat yang bisa secara efektif membuat orang tertarik sekaligus merasa penasaran. Jika masih bingung, maka Anda bisa menggunakan contoh kata kata promosi lewat Whatsapp sebagai inspirasi (nanti akan diberikan contohnya dibawah).

Usahakan kalimat promosi yang akan dikirimkan kepada target audiens Anda tidak terlalu panjang atau bertele-tele.

Sangat disarankan untuk membuat pesan promosi yang padat dan sarat akan informasi penting mengenai produk yang di iklankan. Posisikan saja diri sendiri sebagai penerima pesan promosi, kemudian Anda nilai apakah pesan tersebut sudah cukup efektif atau belum.

3. Jelaskan Informasi dan Kelebihan Produk
Dalam sebuah pesan promosi Whatsapp, harus disertakan informasi lengkap mengenai produk yang dijual, sekaligus kelebihan yang dimiliki. Hal ini jelas menjadi poin penting yang harus diketahui oleh konsumen sebelum membeli produk.

Intinya berikan informasi produk atau layanan secara lengkap dan sebutkan semua kelebihannya.

Target utamanya yaitu agar audiens bisa terpancing untuk melihat isi pesan. Sesuai dengan tujuan promosinya, yakni untuk membuat orang merasa tertarik dan kemudian ingin memiliki barang atau layanan jasa yang dipromosikan.

Pastikan semua informasi yang tertera dalam pesan promosi itu memang sesuai dengan kenyataan. Jangan pernah memberikan harapan palsu kepada konsumen, karena akibatnya akan fatal. Kalau hal ini sampai dilakukan, maka bisa-bisa Anda akan kehilangan kepercayaan dari mereka.

4. Siapkan Call to Action
Dalam sebuah langkah promosi, siapkan dulu teknik CTA (Call To Action) yang akan disampaikan kepada audiens atau target.

Call to action ini merupakan bentuk ajakan kepada target promosi agar melakukan apa yang diinginkan oleh marketer. Kalimat call to action harus bersifat persuasif atau bersifat mengajak. Sebaiknya buat call to action yang singkat namun jelas, sehingga dapat memberikan hasil yang efektif.

Call to action ini akan berpengaruh pada keberhasilan atau efektivitas kalimat promosi yang disebarkan. Sebenarnya bagian inilah yang akan diperhatikan oleh para pembaca. Bagian ini pula yang akan menjadi ajakan bagi pembaca untuk mau melakukan apa yang diinginkan oleh marketer.

5. Sebarkan Promosi Melalui Grup
Cara paling mudah untuk melakukan promosi lewat Whatsapp adalah dengan mengirimkan pesan ke grup.

Pastikan grup Whatsapp yang akan dikirimi iklan itu memiliki anggota yang memenuhi syarat sebagai konsumen (target potensial). Jangan melakukan spam dengan mengirimkan pesan promosi ke grup yang anggotanya sama sekali bukan target audiens yang potensial.

Selain itu, pastikan Anda menerapkan etika saat mengirimkan pesan promosi ke grup Whatsapp. Jangan sembarangan mengirim pesan promosi (jadi harus ada aturan waktu berpromosi yang jelas agar tidak mengganggu anggota grup).

Hindari mengirimkan pesan promosi terlalu sering (karena bisa terindikasi sebagai spam).

6. Manfaatkan Fitur Status
Selain menyebarkan pesan promosi melalui grup, bisa juga dimanfaatkan fitur status Whatsapp. Mengunggah promosi melalui status juga bisa jadi pilihan tepat dan hasilnya juga cukup efektif.

Status Whatsapp ini akan bertahan dalam waktu 24 jam setelah diunggah. Oleh sebab itu, cara promosi ini sangat cocok untuk dilakukan secara rutin sebagai promosi harian.

Promosi lewat fitur status di Whatsapp akan membuat banyak orang kenal dengan bisnis atau brand yang Anda iklankan. Selain itu, fitur ini juga akan membantu menjaring lebih banyak konsumen dengan mudah.