Meskipun Anda memiliki rumah minimalis, yang terkesan sederhana. Sebenarnya, Anda bisa juga kok membuat desain rumah minimalis dua lantai. Hanya saja, ada hal yang harus diperhatikan dalam membangun rumah 2 lantai ini. Khususnya pada rumah dengan konsep minimalis yang Anda miliki ini.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Desain Rumah Minimalis Dua Lantai

Sebelum memutuskan untuk membuat rumah minimalis menjadi dua lantai, ada baiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu mengenai hal-hal yang mungkin akan membuat rumah Anda menjadi terkesan lebih sumpek dan sempit.

Nah, agar terhindar dari rumah minimalis yang sempit dan juga sumpek tersebut. Anda bisa membuat desain rumah minimalis dua lantai ini, dengan beberapa langkah berikut ini. Diantaranya :

1.Tetap Menonjolkan Lantai Satu Sebagai Prioritas

Meskipun Anda memiliki rumah dengan dua lantai. Namun sebaiknya Anda tetap memprioritaskan lantai satu. Dimana ruangan-ruangan vital, seperti ruang tamu, ruang makan hingga dapur tetap berada di lantai satu. Sementara untuk kamar mandi dan toilet, selain berada di lantai dua. Maka di lantai satu juga harus tetap ada. Untuk mengantisipasi, apabila ada tamu yang datang, ingin menggunakan toilet.

2. Gunakan Lantai Dua Sebagai Spot Khusus Yang Tidak Ada Di Lantai Satu

Artinya, jika ternyata di lantai satu, Anda tidak memiliki spot khusus untuk menjemur pakaian ataupun mencuci pakaian, sekaligus menyetrika. Mungkin lantai dua bisa menjadi solusi. Hal ini juga berlaku, jika ternyata, Anda tidak memiliki taman di lantai satu.

Dikarenakan tempat yang terbatas, ataupun telah penuh digunakan sebagai garasi. Maka di lantai dua ini, Anda bisa menyusun dan menggantung beberapa pot bunga. Yang bisa Anda lakukan di balkon lantai dua rumah minimalis Anda tersebut.

3. Buat Ruangan Khusus Untuk Gudang Dan Penyimpanan

Tak bisa dihindari jika setiap orang memiliki barang-barang yang tidak terpakai. Sedangkan untuk membuangnya dirasa belum perlu. Mengingat mungkin saja suatu saat akan dibutuhkan kembali. Nah, untuk menyimpan barang-barang tersebut, tentunya Anda memerlukan gudang, sebagai tempat penyimpanan.

Agar tidak terkesan sumpek, memang ada baiknya, gudang ini tidak berada di lantai satu. Jadi, jika Anda sudah berniat untuk membuat desain rumah minimalis dua lantai. Pastinya, Anda akan memasukkan gudang sebagai ruangan yang wajib ada di lantai dua ini, bukan ?

4. Perhatikan Kebutuhan Lansia

Memang ada benarnya, jika Anda membangun kamar tambahan di lantai dua. Namun satu hal yang harus diperhatikan adalah, jika di rumah Anda terdapat orangtua yang menginjak lansia. Maka, jangan sampai Anda menempatkan kamar tidur keduanya berada di lantai dua.

Karena tentu saja, fisik mereka tidak akan kuat untuk naik turun tangga setiap hari. Gunakan kamar tambahan di lantai dua ini untuk kamar anak-anak ataupun kamar Anda pribadi. Dengan demikian, Anda bisa memberikan kamar di lantai satu, untuk orangtua Anda yang telah menginjak lansia tersebut.

Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat desain rumah minimalis dua lantai. Jadi, kata siapa, Anda tidak bisa membuat rumah minimalis yang Anda miliki ini menjadi dua lantai ? Karena selama Anda bisa menempatkan segala sesuatunya dengan baik. Maka rumah minimalis dengan dua lantai ini, tidak akan terkesan sempit dan sumpek.