Proses mentransfer musik ke perangkat portal favorit Anda bisa membuat frustrasi. Mari kita hadapi itu, apakah itu Ipod yang terkenal atau bahkan PlayStation Portable (PSP) yang sangat populer, ada batasan yang perlu dipahami, dan langkah-langkah yang perlu diikuti dengan benar untuk mentransfer lagu ke salah satu platform musik.

Jadi bagaimana cara mendownload musik ke Ipod saya?

Mengunduh musik dari hard drive Anda ke Ipod dilakukan dengan program bernama Itunes. Program ini disertakan dengan pembelian Ipod Anda atau dapat diunduh di http://www.apple.com. Perangkat lunak ini sangat penting karena tidak hanya memungkinkan Anda untuk membeli dari layanan musik Itunes populer, itu juga satu-satunya cara Anda dapat mentransfer lagu ke Ipod Anda.

Jadi mari kita lihat perangkat lunak Itunes, dan lebih khusus lagi, perpustakaan Itunes yang digunakan untuk mentransfer lagu dari hard drive Anda ke Ipod Anda. Anda akan menemukannya di panel sebelah kiri program. Perpustakaan download lagu mp3 Anda berisi semua lagu, film, dan podcast yang ingin Anda transfer. Melalui perpustakaan Itunes, Anda akan dapat menggunakan fitur drag-and-drop mereka untuk transfer yang mudah dan cepat ke Ipod Anda.

Sebelum kita pindah satu ke langkah berikutnya, harus dijelaskan bahwa lagu yang diunduh dari klien P2P mungkin tidak muncul di perpustakaan Itunes. Anda harus menambahkannya secara manual, karena Anda tidak akan dapat mentransfer lagu apa pun hingga lagu tersebut diintegrasikan ke perpustakaan Itunes Anda. Melakukan ini sederhana. Klik pada file>tambahkan file ke perpustakaan, cari file yang ingin Anda tambahkan, dan tekan enter untuk menyelesaikan prosesnya. Ada juga fungsi ‘tambah folder ke perpustakaan’ yang memungkinkan Anda mentransfer seluruh folder lagu ke perpustakaan Itunes. Ini cukup berguna jika sebagian besar lagu Anda disimpan di satu tempat di hard drive Anda.

Baiklah, mari kita kembali ke jalur di sini. Anda tahu langkah-langkah yang tepat untuk memperbarui perpustakaan Itunes Anda sekarang, dan langkah terakhir sangat mudah. Colokkan Ipod Anda ke port USB di komputer Anda, dan Anda akan melihat opsi baru untuk menambahkan lagu dari perpustakaan Itunes Anda ke Ipod. Klik dan seret file Anda ke layar transfer Ipod dan selesai! Anda sekarang siap untuk menjelajahi dunia musik yang indah tanpa beban komputer besar yang tidak praktis untuk dibawa bersama Anda!

Mengunduh musik ke PSP

Kesalahpahaman umum tentang PSP adalah bahwa itu hanya untuk memainkan game PlayStation lama. Ini bukan. Semakin banyak digunakan sebagai alternatif yang bagus untuk pemutar MP3, dan kualitasnya sama baiknya. Namun ada beberapa kelemahan di PSP yang dapat membuat pengunduhan musik ke pemutar Anda sangat membuat frustrasi.

Mari kita bahas kekurangannya terlebih dahulu, dan apa yang perlu Anda ketahui untuk mulai mengunduh file ke PSP Anda. Yang pertama adalah beberapa ekstensi file tidak akan berfungsi. Misalnya, setiap lagu yang diunduh dari layanan musik Itunes tidak akan berfungsi di PSP karena ekstensi .m4a, yang terkait dengan Itunes, tidak kompatibel dengan PSP. Selain itu, jika Anda adalah pengguna layanan musik populer lainnya seperti napster, Anda akan menemukan bahwa musik yang diunduh dari layanan mereka memiliki batasan yang ditempatkan pada file mereka yang juga tidak akan berfungsi dengan PSP Anda.

Ada beberapa opsi untuk mengatasinya. Cara pertama untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan program konversi audio. Software ini akan mengonversi format seperti ekstensi .m4a ke ekstensi yang kompatibel dengan PSP Anda seperti format .MP3.

Saat ini, satu-satunya ekstensi yang bekerja dengan PSP adalah format MP3, AAC, dan WMA. Sebelum melanjutkan, pastikan file Anda diakhiri dengan ekstensi yang tepat!

Langkah selanjutnya adalah memastikan memory stick Anda, tempat menyimpan lagu-lagu Anda, diformat dengan benar. Ini adalah proses yang cukup sederhana. Nyalakan PSP Anda, buka pengaturan sistem, lalu format memory stick Anda. Folder musik akan muncul secara otomatis yang akan digunakan untuk menempatkan musik Anda.

Dari titik itu, hubungkan PSP Anda ke komputer Anda, melalui koneksi USB. Setelah selesai, folder disket baru akan muncul di ‘folder komputer saya’, untuk menarik dan melepas file musik untuk diputar di PSP.