Cara Mengawetkan Bunga Potong

Menghias ruangan bersama dengan bunga potong biasanya dijalankan terhadap moment tertentu, misalnya hari raya, pernikahan dan pertunangan. Sayangnya didalam hitungan hari, bunga potong bakal layu dan mengering.

Dari terhadap dibuang percuma, Anda mampu memicu tampilan bunga potong selalu segar bersama dengan langkah mengawetkannya. Ada lebih dari satu langkah mengawetkan bunga potong di toko bunga jakarta. Simak lebih dari satu langkah di bawah ini.

Menggunakan Gliserin

Ketuk ujung batang bunga manfaatkan martil. Langkah ini dijalankan untuk memicu tanaman mampu menyerap gliserin secara maksimal.

Siapkan lebih dari satu bahan, seperti: bunga potong segar, gliserin, palu, dan wadah sekali manfaatkan (misalnya kardus bekas). Untuk gliserin, Anda mampu membeli bahan kimia ini berasal dari toko bahan kimia atau apotik terdekat.

Gliserin mampu mengawetkan bunga bersama dengan selalu menjaga warna, bentuk dan teksur bunga seperti semula. Bunga mawar terlalu enteng menyerap gliserin, supaya meski mengering, tekstur kelopak bunganya tidak berubah sama sekali.

Langkah pertama, potong bunga segar di pagi hari. Potong batang bunga minimal 15 sentimeter atau lebih cocok selera Anda. Kemudian buka kelopak bunga ke posisi yang ideal supaya terlihat bagus disaat dikeringkan.

Untuk hasil terbaik, langsung keringkan bersama dengan gliserin dikarenakan bunga layu terlihat kurang bagus jikalau dikeringkan.

Kemudian, palu ujung batang bunga manfaatkan martil. Langkah ini dijalankan untuk memicu tanaman mampu menyerap gliserin secara maksimal.

Buat campuran air hangat dan gliserin. Buat rasio air dan gliserin dua berbanding satu. Kemudian panaskan cairan ini bersama dengan suhu rendah di atas kompor dan rebus sampai gliserin larut.

Tuang larutan air gliserin ini ke didalam wadah sekali pakai, misalnya kardus susu bekas.

Rendam batang bunga ke didalam larutan air gliserin bersama dengan kedalaman setikanya enam inci. Jika jumlah larutan menyusut dikarenakan diserap bunga, tambahkan ulang larutan ke didalam wadah. Anda harus sabar menanti setidaknya enam minggu sampai larutan gliserin menyerap sempurna ke didalam bunga.

Sembari sistem ini berlangsung, batang dan bunga bakal berubah warna jadi cokelat secara perlahan. Pada bagian kelopak, warna merah mawar biasanya tidak berubah, hanya jadi sedikit gelap. Tekstur kelopak termasuk bakal terlihat sedikit lunak seperti lilin.

Gantung bunga bersama dengan posisi terbalik disaat larutan gliserin terserap sempurna. Posisi terbalik ini bakal menarik bunga bersama dengan type gravitasi ke bawah. Dengan demikian gliserin bakal tambah menyerap sempurna ke semua kelopak bunga dan menghindar kelopak jadi keriting.

Langkah terakhir, Anda tinggal menggunting ujung batang bunga yang penyet akibat dipukul palu. Bunga kering Anda siap untuk dipajang untuk pemanis ruangan.

 

Menggunakan Hairspray

Agar bunga lebih awet

Semprot bunga bersama dengan jarak sejauh lebih dari satu sentimeter berasal dari permukaan. Jangan terlalu dekat, dikarenakan bahan kimia yang terdapat didalam hairspray mampu mengakibatkan kerusakan bunga.

Selain gliserin, ternyata sprai rambut termasuk miliki fungsi ganda untuk memelihara bunga potong terlihat segar. Akan tetapi, kekuatan tahannya tidak sepanjang jikalau manfaatkan gliserin. Hairspray hanya menambah usia bunga lebih panjang lebih dari satu hari. Kesegaran bunga bakal selalu terjaga jikalau Anda rutin menyemprot bunga bersama dengan hairspray.

Pertama, siapkan bunga potong segar dan hairspray. Kemudian semprot bunga bersama dengan jarak sejauh lebih dari satu sentimeter berasal dari permukaan. Jangan terlalu dekat, dikarenakan bahan kimia yang terdapat didalam hairspray mampu mengakibatkan kerusakan bunga.

Kemudian, gantung bunga bersama dengan posisi terbalik sampai hairspray jadi kering sempurna. Gantung di lokasi yang mendapat asupan angin cukup. Terakhir, rangkai bunga di didalam vas dan Anda mampu ulangilah langkah tersebut setiap lebih dari satu hari sekali untuk memelihara bunga tampak segar.