Cara absen dari grup atau teman WhatsApp sangat sederhana. Secara umum, membuat daftar hadir di grup WA sebenarnya sama saja dengan berkirim pesan di waktu-waktu biasa. Meski terbilang mudah, namun masih banyak pengguna WA yang belum mengetahui caranya.

Seperti yang kita ketahui bersama, WhatsApp kini menjadi aplikasi chatting terpopuler di Indonesia (termasuk Indonesia). Selain itu, pemerintah saat ini sedang mengeluarkan kebijakan “work from home” sehingga WA perlu tetap terkoneksi dengan orang lain.

Untuk tetap berhubungan dengan orang lain seperti teman kerja, teman sekolah, keluarga, dll, biarkan pengguna WhatsApp membuat grup WA teman kerja, teman sekolah, dan kerabat dekat untuk berbagi informasi dan bertukar pesan.

Salah satu hal yang biasa terjadi di grup WhatsApp adalah absensi. Kehadiran di WA biasanya dalam kelompok sekolah atau kelompok kerja. Biasanya ketidakhadiran tersebut untuk mengetahui anggota kelompok mana yang ingin mengikuti suatu kegiatan.

Selain Whastapp, sebenarnya ada banyak aplikasi absen online yang bisa kamu gunakan. Tapi jika kamu ingin menggunakan Whatsapp, berikut kami berikan tutorialnya!

Cara absen dari grup WhatsApp termudah

Hampir setiap orang memiliki akun WhatsApp, sehingga guru atau pimpinan lebih memilih untuk mengecek kehadiran melalui WhatsApp karena lebih sederhana. Namun, masalahnya banyak pengguna yang tidak tahu cara absen di WhatsApp.

Seperti yang kami sebutkan di atas, absen dari grup WA biasanya seperti mengirim pesan biasa. Jadi bagaimana Anda bisa absen dari grup WhatsApp? Adapun cara membuatnya, silahkan simak ulasan mendalamnya di bawah ini iteeachandroid.com.

Bagaimana cara absen dari grup WhatsApp

Nah, teman-teman yang ingin membuat daftar hadir di grup WA, ingin tahu anggota grup mana yang ingin mengikuti ujian online, konferensi, bakti sosial dan kegiatan lainnya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi WhatsApp anda.
  2. Kemudian, silakan masuk ke obrolan grup yang tidak akan Anda ikuti.
  3. Selanjutnya buat daftar absen dengan memasukkan pesan seperti biasa.
  4. Silahkan buat daftar seperti gambar di bawah ini.
  5. Jika Anda baru saja mengklik “Kirim”.

Setelah itu, penerima cukup mengisi daftar periksa sesuai urutan yang disediakan. Nah, jika ada yang bingung bagaimana cara mengisi absensi, simak artikel masing-masing android tentang cara mengisi daftar absen di WHATSAPP.

Cara hadir di WhatsApp

Sedangkan untuk cara yang kedua, jika ingin absen bisa dilakukan, tetapi tanpa kelompok. Misalnya, Anda ingin mengirimkan daftar hadir ke kontak teman WA Anda. Namun tentu akan merepotkan jika menggunakan cara yang pertama. Karena Anda harus mengirim pesan ke teman Anda satu per satu. Nah, agar lebih praktis dan mudah, berikut caranya.

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi WhatsApp anda.
  2. Kemudian, silahkan klik “3 titik” di pojok kanan atas.
  3. Kemudian, akan muncul beberapa opsi yang dapat dipilih. Silakan pilih opsi “Siaran Baru”.
  4. Selanjutnya akan muncul tampilan kontak WhatsApp kamu, centang kontak yang ingin kamu kirimi pesan daftar absensi.
  5. Setelah itu, silahkan tulis daftar absensi seperti pada cara pertama.
  6. Jika Anda baru saja mengklik “Kirim”.

Oleh karena itu, kontak yang Anda tandai akan menerima daftar absen yang dikirim oleh Anda