makanan anti kanker

Ada banyak makanan yang dapat bekerja sebagai anti kanker. Salah satunya adalah brokoli. Dan pada kali ini kita akan mencoba mengupas bagaimana khasiat dan manfaat brokoli makanan anti kanker.

Kandungan dan Manfaat Sayuran Brokoli

Sebenarnya brokoli sudah sejak lama disebutkan sebagai superfood. Ini berkat kandungan nutrisi yang tersimpan di dalamnya relatif sangat tinggi. Apa sebenarnya yang terkandung di dalam sayuran ini sehingga disebutkan sebagai superfood.

Sayuran brokoli sendiri adalah bagian dari jenis sayur kubis-kubisan.  Brokoli sendiri juga masih satu kerabat dengan jenis sayuran kubis kubisan lain seperti kale, kubis, kembang kol, pakcoy dan sejumlah sayuran kubis kubisan lain. Pada dasarnya sayuran kubis kubisan dikenal kaya nutrisi. Dan brokoli termasuk satu yang terbaik untuk kategori ini.

Brokoli mengandung kalori cukup rendah, namun kaya akan vitamin, mineral dan unsur fitokimia. Membuat sayuran ini baik dikonsumsi oleh mereka yang harus menjalankan diet rendah kalori. Kadar seratnya relatif tinggi dengan vitamin C yang berkali lipat vitamin C dalam jeruk.

Selain itu brokoli juga mengandung unsur mineral yang kaya. Mulai dari selenium, kalium, kalsium, zink, mangaan, sulfur dan tembaga. Juga unsur senyawa unik anti oksidan sulforaphane. Sebenarnya senyawa ini merupakan unsur sulfur dari brokoli. Namun unsur ini yang justru menjadi salah satu elemen terbaik dari brokoli. Termasuk membuat brokoli sebagai makanan anti kanker.

Dalam brokoli juga ditemukan unsur kaemferol, lutein dan zeaxanthine. Ini sangat baik sebagai anti oksidan yang baik dalam fungsi regenerasi sel, melindungi DNA sel dan bekerja mempercepat penyembuhan peradangan.

Brokoli Makanan Anti Kanker

Dalam studi tahun 2012 dijelaskan bahwa pengidap kanker payudara yang mengonsumsi makanan kubis-kubisan akan memiliki kemampuan lebih baik untuk bertahan hidup. Juga perkembangan serta pertumbuhan jaringan kanker  yang lebh lambat. Dan di antara beberapa jenis tanaman kubis-kubisan ini, brokoli termasuk yang terbaik.

Brokoli sebagai makanan pembunuh kanker dan tumor ini tidak hanya terbukti menghambat pertumbuhan kanker. karena pasien juga akan memiliki daya tahan tubuh lebih baik. Makanan obat kanker ini efektif mencegah terjadinya peradangan dan infeksi sekunder yang kerap kali muncul pasca pasien mengidap kanker atau pasca terapi.

Bagaimana Brokoli Dapat Menjadi Makanan Obat Kanker?

Pada laporan American Institutes for Cancer Research di tahun 2021 dijelaskan sayuran kubis kubisan memiliki efek positif sebagai anti kanker. Dan brokoli merupakan salah satu makanan anti kanker terbaik dari jenis kubis kubisan.

Brokoli terbukti akan mengoptimalkan kinerja imunitas, mendorong regenerasi sel sehat, menghambat proses metastasis sel kanker, mengatasi inflamasi dan menghambat pertumbuhan massa kanker. Unsur fitokimia dalam brokoli makanan anti kanker ini akan bekerja sebagai sitotoksin yang melemahkan nukleus sel kanker dan mendorong sel kanker untuk melemah.

Bicara soal penyakit kanker memang akan berbicara dalam lingkup yang sangat luas. Untuk seseorang sampai mengidap kanker, ada banyak aspek yang turut menentukan. Mulai dari sistem imunitas yang lemah.

Tidak hanya itu, tetapi juga tubuh yang terus terpapar unsur radikal bebas, sehingga lebih mudah teroksidasi dan rusak. Adanya unsur yang mendorong terbentuknya inflamasi atau peradangan. Hingga hadirnya peran genetik, dimana sel-sel tubuh memiliki kecenderungan tinggi untuk mengalami kerusakan dan mutasi gen.

Kompleksnya penyebab munculnya kanker ini rupanya dapat disiasati dengan asupan brokoli. Brokoli bekerja sebagai sayuran anti kanker dengan berbagai pendekatan. Menyerang sel kanker itu sendiri sekaligus juga meningkatkan kemampuan tubuh melawan kanker.

Kemampuan sayuran brokoli sebagai sayuran anti kanker ini ditegaskan dalam paten yang dihasilkan Harvard Medical School Beth Israel Deaconess Medical Center Boston. Di sini dijelaskan bagaimana brokoli bekerja sebagai makanan pembunuh terhadap kanker dan tumor.

Makanan apa lagi yang sekiranya memiliki efek anti kanker? Anda bisa menilik pada laman deherba untuk melihat lebih jauh seputar informasi anti kanker