Berkunjung ke Yogyakarta, apa yang harus dilakukan dan dipersiapkan? Pertanyaan ini seringkali muncul di benak mereka yang baru pertama kali ke Jogja. Apa kamu juga memikirkan hal yang sama? Jika iya, kamu perlu memperhatikan beberapa tips sebelum Berkunjung Ke Yogyakarta berikut ini!

Siapkan kebutuhan pribadi

Sama seperti saat mengunjungi kota lainya, kamu juga harus menyiapkan kebutuhan pribadi saat hendak mengunjungi Jogja. Kebutuhan pribadi yang harus kamu persiapkan adalah pakaian ganti dan juga obat-obatan pribadi. Khusus untuk pakaian ganti, kamu bisa saja tidak membawanya atau membawa tidak terlalu banyak, karena akan ada banyak sekali baju yang bisa kamu beli di Jogja dengan harga murah. Namun, kembali lagi pada selera, kamu tidak bisa memastikan jika baju yang sesuai dengan selera dan ukuranmu bisa kamu temukan dengan cepat saat di Jogja.

Pikiran praktis membeli pakaian ganti saat di Jogja memang ada benarnya jika mempertimbangkan banyaknya barang bawaan. Jika kamu membawa banyak pakaian ganti dari rumah dan membeli pakaian setiba di Jogja, tentu barang bawaanmu akan semakin banyak ketika meninggalkan Jogja, bukan? Tapi tetap, kamu harus membawa pakaian ganti untuk berjaga-jaga jika kamu tidak bisa menemukan baju yang kamu inginkan di Jogja dalam waktu singkat.

Siapkan uang saku yang cukup

Wajib hukumnya mempersiapkan uang saku yang cukup saat mengunjungi Jogja. Meskipun semua hal yang ada di Jogja dibandrol murah, kamu tidak bisa anggap sepele dengan membawa uang saku seadanya. Kamu harus membawa uang saku yang cukup karena ada banyak hal menarik yang pastinya akan membuatmu kalap belanja saat di Jogja, sebt saja aneka pakaian batik yang menarik, pernak-pernik unik khas Jogja, hingga kuliner Jogja yang akan selalu siap menggoda kemanapun kamu melangkah.

Buat roadmap jika tujuanmu untuk keperluan wisata

Jika tujuanmu bertandang ke Jogja untuk berwisata, jangan lupa buat road map perjalanan. Membuat roadmap akan memudahkan mengunjungi tempat-tempat wisata yang kamu inginkan secara berurutan dan terencana. Dengan demikian, waktu liburanmu di Jogja nantinya juga akan lebih efisien.

Tentukan cara berangkat ke Jogja

Dengan cara apa kamu akan sampai ke Jogja? Memilih menggunakan kereta api, bus, pesawat, atau justru menggunakan kendaraan pribadi? Kamu harus mempertimbangkan caramu sampai ke Jogja dengan waktu perjalanan yang dimiliki. Jika memang waktumu singkat, kamu bisa menggunakan pesawat untuk sampai ke Jogja.

Pikirkan akomodasi selama di Jogja

Sudah sampai di Jogja, lalu harus apa? Tentu saja kamu harus memikirkan akomodasi selama di Jogja. Kamu bisa memilih menggunakan transportasi umum. Tapi, tentu saja kamu tidak akan bebas keliling Jogja jika menggunakan transportasi umum.

Jika kamu ingin bebas eksplore Jogja, ada baiknya kamu menggunakan kendaraan sewa, misalnya saja dengan sewa motor yang harganya terjangkau. Kamu bisa mencoba mencari jasa sewa motor yang dekat dengan lokasi tiba kamu di Jogja.

Alternatif lainnya, kamu bisa menyewa motor di transloka. kenapa harus transloka? Karena di transloka kamu bisa menikmati layanan antar jemput kendaraan yang disewa. Jadi, kamu hanya perlu konfirmasi ke admin transloka begitu akan sampai di Jogja dan menunggu motor sewaanmu tiba tanpa pakai lama.

Jaga sopan santun selama di Jogja

Jogja merupakan kota yang sangat menjaga sopan santunnya. Selama kamu sopan, masyarakat Jogja akan selalu bersikap ramah dan bersedia membantumu ketika mengalami kesulitan. Jadi, pastikan sikap sopanmu dengan selalu menyapa, mengucapkan permisi ketika lewat di tengah kerumunan, membudayakan mengucap kata tolong ketika ingin mendapatkan bantuan, dan selalu minta maaf terlebih dahulu sebelum meminta bantuan.

Belajar bahasa Jawa

Percaya atau tidak, menggunakan bahasa jawa selama di Jogja lebih dihargai oleh masyarakat sekitar. Hal ini dikarenakan bahasa Jawa merupakan bagian dari budaya mereka yang sangat mereka hargai. Bahkan, kamu bisa mendapatkan harga murah jika menawar menggunakan bahasa Jawa, loh!

Tapi, kamu juga perlu tahu jika bahasa Jawa memiliki banyak tingkatan. Pastikan kamu belajar bahasa jawa halus atau inggil. Akan percucma jika kamu berbicara bahasa Jawa tetapi bahasa ngoko karena justru akan dianggap tidak sopan. Jika memang tidak bisa menguasai bahasa Jawa yang halus, jangan memaksakan diri dan cari aman saja dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Itulah tadi panduan Berkunjung Ke Yogyakarta. Sudah siap mengunjungi kota Gudeg? Jika sudah, segera atur perjalananmu dan jangan lupa hubungi transloka jika kamu membutuhkan sewa motor yang nyaman, murah, dan terpercaya saat di Jogja.